4 Alasan Orang Bertanya Gaji Kepadamu, Cuma Penasaran!

Mutami Matul Istiqomah
4 Alasan Orang Bertanya Gaji Kepadamu, Cuma Penasaran!
ilustrasi dua orang sedang mengobrol. (Pexels/RODNAE Productions)

Cukup membingungkan ketika menghadapi seseorang yang menanyakan gaji. Rasanya seperti serba salah. Dijawab salah, tidak dijawab lebih salah lagi. Bagi sebagian orang, bertanya mengenai gaji memang tidak sebaiknya dilakukan semudah itu. Tapi mungkin beberapa orang yang lainnya, itu adalah hal yang biasa. 

Meskipun demikian, tujuan orang menanyakan gaji memang beraneka ragam. Tidak selalu untuk hal baik, bisa juga untuk beberapa hal buruk. Ya, setiap kemungkinan memang bisa saja terjadi. Nah, berikut ini merupakan beberapa alasan seseorang menanyakan gajimu!

1. Kepo

Yang pertama adalah karena dia merasa kepo. Biasanya ini ditemukan pada para tetangga yang super kepo dan paham mengenai ragam informasi. Bahkan sampai gaji yang seolah adalah privasi, tetap mereka buat seolah seperti suatu informasi yang harus diketahui.

Tidak hanya para tetangga, tapi terkadang ini juga berlaku pada teman-teman ataupun seseorang yang sedang menjalin hubungan spesial dengan kita. Biasanya hal tersebut dilakukan karena merasa penasaran. 

2. Gabut 

Bisa juga orang bertanya perihal gaji adalah karena gabut saja, alias tidak jelas alasannya. Biasanya hanya sekadar untuk topik obrolan atau berbasa-basi. Seringkali ditemukan ketika mengobrol dengan orang baru atau seseorang yang jarang bertemu. 

Menanggapi orang yang sedang gabut sebenarnya cukup jelas tanda-tandanya. Karena seringkali kamu dengan dia sudah kehabisan topik obrolan dulu, sampai baru akhirnya bisa saling menemukan topik untuk membicarakan mengenai gaji tersebut. 

3. Cari info tentang pekerjaan 

Ada juga orang yang berusaha mencari informasi tentang suatu pekerjaan yang sedang kamu geluti dengan menanyakan gaji atau pendapatanmu. Hal ini juga cukup mudah disadari, bahkan dalam beberapa kesempatan mereka bisa secara langsung berterus terang. 

Mengenai hal ini adalah bagaimana dirimu sendiri. Ketika kamu memang ingin memberikan informasi, maka tidak mengapa kalau kamu menyampaikannya. Kalaupun kamu tidak berkenan, maka kamu juga punya hak untuk menjadikannya sebagai privasi.

4. Ingin merendahkan 

Ini merupakan salah satu tujuan yang tidak menyenangkan adalah seseorang yang ingin merendahkan. Dengan pendapatanmu yang sekian, mereka akan merendahkanmu secara mati-matian. 

Kamu mungkin sudah cukup memahami bagaimana karakter orang yang satu ini. Oleh karenanya, memang akan lebih baik apabila kamu tidak perlu memberitahunya. 

Jadi, itu dia beberapa alasan seseorang bertanya gaji kepadamu. Lantas bagaimana, apakah kamu tertarik untuk memberitahunya atau justru menutupinya. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak