Wajib Punya, Ini Skill Komunikasi Penting di Dunia Kerja!

Aghniya Ilma Hasan
Wajib Punya, Ini Skill Komunikasi Penting di Dunia Kerja!
Ilustrasi bekerja. (unsplash.com/@jasongoodman_youxventures)

Dunia kerja yang dinamis membuat kita bertemu banyak orang yang gaya komunikasinya berbeda dengan kita. Ada yang orangnya suka menarik diri, terlalu agresif, bahkan cerewet. Jika tidak memiliki skill komunikasi mumpuni, bisa-bisa kita mudah berkonflik dan banyak makan hati.

Sebab itu, jangan hanya berkutat meningkatkan kompetensi kerja. Dalam dunia karier, sangat penting memiliki gaya komunikasi baik agar bisa berinteraksi lebih baik dengan bos dan rekan kerja. Selain itu, berkomunikasi secara benar ternyata mempengaruhi semangat dan produktivitas kerja. Makanya, jangan sampai hal ini tidak kita pelajari.

Yuk ketahui 3 skill komunikasi yang wajib dimiliki dalam dunia kerja!

1. Skill empati dan mendengarkan orang lain

Jangan mudah memotong omongan orang lain, coba dengarkan dengan penuh empati. Dengan demikian, kita akan lebih memahami peran sesama rekan kerja dan tidak mudah menjustifikasi buruk orang lain.

Selain itu, ketika mendengarkan, lakukan dengan sepenuh hati. Dengarkan untuk mendengar, bukan untuk menyerang balik.

2. Skill mengontrol emosi

Memang, menghadapi orang yang menguji kesabaran itu bukan hal mudah. Dan dalam hidup, pasti kita akan bertemu karakter orang seperti ini, dan ini tidak mungkin terelakkan.

Dengan skill mengontrol emosi, kita bakal tetap bisa berbicara dan menyampaikan pesan dengan kepala dingin serta jernih tanpa terpancing emosi.

3. Skill komunikasi asertif

Ini adalah skill yang jarang orang lain punya. Komunikasi asertif adalah skill menyampaikan opini secara sopan, nyaman, tapi tetap jelas maksudnya.

Skill ini penting lho, karena bermanfaat jika kita ingin mempertahankan hak, menyelesaikan konflik antar rekan kerja, serta bisa mengembangkan kesan baik terhadap diri.

Dengan skill komunikasi asertif, kita akan berhenti tidak enakan dengan rekan kerja atau bos. Selain itu, kita akan lebih mampu mengendalikan diri dari sifat agresif (mudah tersinggung dan marah misalnya).

Nah itu dia 3 skill komunikasi yang wajib dimiliki di dunia kerja. Mempelajarinya memang tidak mudah, tapi saat kita sudah menguasai skill tersebut, hubungan kerja bisa semakin lancar dan kita pun bisa semakin produktif. Semoga berhasil!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak