3 Hal yang Harus Segera Dilakukan saat Kamu Dipermalukan, Cari Solusi!

Mutami Matul Istiqomah
3 Hal yang Harus Segera Dilakukan saat Kamu Dipermalukan, Cari Solusi!
ilustrasi bertengkar dengan sahabat. (pexels.com/Liza Summer)

Dipermalukan di depan umum merupakan sebuah perlakuan yang tidak mengenakkan. Tentunya hal tersebut memicu emosi dan amarah di dalam hati. Apalagi kalau dilakukan oleh orang terdekat seperti keluarga atau teman sendiri. Seolah tidak ada cara lain saja, bahkan kita tidak memahami apa penyebabnya melakukan hal seperti itu. 

Tapi, bagaimana cara terbaik untuk menyelesaikan orang yang mempermalukan kita di depan umum? Apakah harus dengan emosi atau kekerasan untuk bisa membuatnya menjadi jera? Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan!

1. Mengajaknya berbicara 

Kamu cukup mengajaknya berbicara. Bawa dia ke tempat di mana kamu dan dia bisa merasa enak untuk ngobrol satu sama lain. Buat suasana sesantai mungkin. 

Meskipun emosi dan amarah membara di dalam dadamu, tapi kamu harus mencoba menyikapi semua ini dengan kepala dingin. Berbicara satu sama lain merupakan cara pertama yang harus kamu lakukan. 

Sekalipun untuk mencari aman pembicaraan ini harus didampingi oleh pihak ke tiga untuk menengahi, namun kamu akan mengetahui banyak hal dengan lebih pasti ketika kamu berani mengajaknya berbicara. 

2. Tanya alasan 

Kamu harus bertanya mengenai alasan si dia bisa bersikap sedemikian rupa kepadamu. Kenapa dia begitu tega? Apalagi, kalau kamu merasa sebelumnya tidak memiliki masalah apapun dengannya, maka tiba-tiba kamu dipermalukan di depan umum, maka tentunya itu menjadi sebuah tanda tanya yang besar. 

Ketika dia memang mencoba menjatuhkanmu, maka kamu harus meminta bukti yang kuat. Jangan sampai dia melakukan hal tersebut tidak didasari dengan alasan yang jelas. Karena tentunya kamu menjadi pihak yang sangat dirugikan. 

3. Cari solusi 

Apapun hasil yang dibicarakan itu, kamu dan dia harus mencari solusi bersama-sama. Bagaimana dia bisa membersihkan namamu kembali dan bagaimana kamu akan memberinya konsekuensi. Apakah bisa diselesaikan dengan permintaan maaf, atau kamu akan membawanya ke jalur hukum. 

Semua itu seharusnya bisa menjadi titik terang ketika pembicaraan bisa mengalun dengan seharusnya. Ketika memang hal itu tidak bisa didapatkan hanya dengan dua orang, maka kamu harus meminta bantuan kepada pihak ketiga. Karena bagaimanapun, permasalahan tersebut harus diselesaikan dengan tuntas. 

Itu dia beberapa hal yang harus segera kamu lakukan saat dipermalukan oleh orang lain. Jangan cuma diam, menerima dan pergi. Karena kamu harus mengetahui dengan pasti mengenai hal tersebut. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak