4 Tips Menjalani Hidup dengan Lebih Produktif dan Kreatif, Lakukan Inovasi!

Rizky Melinda Sari
4 Tips Menjalani Hidup dengan Lebih Produktif dan Kreatif, Lakukan Inovasi!
Ilustrasi kreatif (pixabay)

Produktif dan kreatif adalah dua hal yng berjalan beriringan dan saling terikat satu sama lain. Dengan kreativitas yang tidak terbatas, kita bisa produktif menghasilkan karya atau sesuatu yang bernilai. Untuk itu, kita harus bisa menyeimbangkan keduanya agar bisa memberikan hasil yang maksimal.

Menjadi produktif tidak hanya terbatas pada melakukan serangkaian to-do-list atau daftar kegiatan panjang yang harus kita selesaikan. Menjadi produktif juga melibatkan berbagai disiplin dan sikap pantang menyerah. Kreativitas juga diperlukan dalam hal ini. Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar bisa menjadi pribadi yang lebih produktif sekaligus kreatif. Yuk, disimak!

1. Temukan motivasi

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menemukan motivasi. Tanpa motivasi yang jelas dan kuat, kita mungkin akan mudah mengalami distraksi dan susah fokus.

Motivasi akan membuat kita bersedia melakukan lebih dari sekadar rutinitas atau melakukan tugas belaka. Motivasi dapat kita tumbuhkan dengan merancang tujuan jangka panjang.

2. Berlatih untuk selalu fokus

Saat melakukan suatu kegiatan, ada beberapa hal yang tidak bisa kita kontrol dan kita prediksi. Pasti ada saja hal-hal lain yang mengganggu, mulai dari distraksi lingkungan hingga dari diri kita sendiri yang terlalu mudah tergoda untuk bermalas-malasan.

Kita bisa mengatasi hal ini dengan menuliskan risiko atau rintangan apa saja yang mungkin akan terjadi, lalu berusaha membuat penyelesaiannya.

3. Atur tujuan atau goal dengan jelas

Segala sesuatu yang kita lakukan akan terasa semakin jelas dan terarah ketika kita sudah menetapkan tujuan yang jelas dan spesifik.

Kita bisa menentukan target yang besar, tetapi juga harus diimbangi dengan strategi yang matang. Ketika membuat tujuan yang tidak terlalu menantang, kita akan cenderung menyepelekan hal tersebut.

4. Temukan cara baru untuk melakukan hal lama

Rutinitas yang kita lakukan setiap harinya dapat mematikan sisi kreativitas yang kita miliki. Oleh karena itu, kita bisa melakukan inovasi atau terobosan dengan melakukan kebiasaan lama dengan cara yang baru.

Kita tidak harus menghilangkan kebiasaan lama dan menggantinya dengan yang baru, tetapi cukup dengan membuat perubahan kecil atau menambah hal sederhana tanpa mengubah makna aslinya.

Itulah empat tips yang bisa kamu terapkan agar bisa menjadi pribadi yang lebih produktif sekaligus kreatif. Kamu sudah pernah menerapkan yang mana saja?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak