3 Ekspektasi yang Harus Kamu Hindari dari Orang Lain, Biar Tidak Kecewa!

Mutami Matul Istiqomah
3 Ekspektasi yang Harus Kamu Hindari dari Orang Lain, Biar Tidak Kecewa!
Ilustrasi orang bersedih (pexels.com/cottonbro)

Banyak orang yang secara tidak sadar terlalu berekspektasi dengan orang lain. Padahal mereka tahu bahwa orang lain merupakan manusia di luar kontrol diri kita sendiri. Hal tersebut mengartikan bahwa ketika kita berekspresi kepada orang lain, maka kita harus bersiap diri untuk merasa kecewa

Ketika beberapa hal terjadi tidak seperti yang kita inginkan, maka sadarilah bahwa baik kamu maupun orang lain punya kehidupan yang dibawa masing-masing. Tidak semua apa yang kamu inginkan menjadi kenyataan. Nah agar kamu lekas sadar, berikut tiga hal yang sebaiknya tidak kamu ekspektasikan dari orang lain. 

1. Semua orang menepati janji 

Meskipun kamu mungkin termasuk satu dari beberapa orang yang selalu menepati janji, tapi jangan sampai kamu berekspektasi bahwa orang lain juga bisa sama dengan dirimu atau sebagian orang yang lainnya. 

Seperti yang kita ketahui, bahwa pada dasarnya membuat janji itu mudah sekali. Tapi untuk menepatinya, butuh usaha dan kemauan yang tinggi. Oleh karena itu, tidak semua orang bisa melakukannya. 

2. Semua orang berperilaku baik dan ramah 

Tidak semua orang bisa berperilaku baik dan ramah denganmu. Maka, jangan berekspektasi bahwa mereka bisa melakukan itu. Ketika kamu berbuat dan berperilaku baik kepada orang lain, lakukan dengan tulus, jangan berharap balasan atas hal itu. 

Tidak semua orang juga bisa ramah dengan sambutanmu. Beberapa orang memang ada yang berkarakter cukup pemalu ataupun ragu untuk mengobrol dengan orang baru. Kamu harus memahami bahwa semua orang punya karakter yang harus diterima satu sama lain. 

3. Orang lain bisa membaca pikiranmu

Jangan berekspektasi kepada orang lain bahwa mereka bisa membaca pikiranmu dengan dalih sebagai teman harus peka. Nggak gitu konsepnya. 

Segala hal yang kamu inginkan tanpa dibicarakan, tidak akan ada orang yang bisa memahaminya. Ketika kamu ingin sesuatu, maka sampaikan. 

Karena memang terdapat banyak hal yang hanya akan kamu dapatkan ketika kamu berusaha untuk menyampaikannya. Tidak semua orang bisa memahami apa yang kamu mau, tidak semua orang sepeka itu. Maka kamu harus mencoba memahami bagaimana orang lain yang sama tak sempurnanya dengan dirimu juga. 

Itu dia beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu ekspektasikan dari orang lain. Hal itu dilakukan agar kamu tidak merasa kecewa dengan apa yang kamu rasakan dan dapatkan. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak