Bingung saat Interview Kerja? Berikut Ini 4 Tips untuk Mengatasinya

Mutami Matul Istiqomah
Bingung saat Interview Kerja? Berikut Ini 4 Tips untuk Mengatasinya
ilustrasi interview kerja.[Pexels.com/Edmond Dantes]

Salah satu tahapan dalam seleksi kerja yang harus kita lewati adalah interview atau wawancara kerja. Tahap interview ini sangat penting dalam menentukan seorang pelamar diterima atau tidak di perusahaan tersebut. Oleh sebab itu, tahapan ini harus dilalui dengan baik agar berhasil mendapat pekerjaan yang diinginkan.

Saat wawancara kerja, biasanya kita akan berhadapan dengan orang-orang yang bertanggung jawab dalam urusan kepegawaian, misalnya bidang SDM atau HRD. Bahkan pemilik atau pimpinan perusahaan bisa turun langsung untuk mewawancarai calon karyawannya.

Karena berhadapan dengan orang-orang penting seperti itu, tidak heran jika kita merasa gugup atau grogi saat interview. Rasa gugup ini bisa membuat kita nge-blank atau bingung ingin mengatakan apa. Kondisi nge-blank ini bisa membuat kesan yang tidak baik pada pewawancara mengenai diri kita. Akibat paling buruk, kita bisa gagal dalam interview tersebut.

Untuk itu, berikut ini adalah 4 tips yang bisa kita lakukan jika nge-blank sat interview kerja.

1. Tetap Tenang

Saat bingung memberi jawaban, kita mungkin akan khawatir. Namun jangan sampai kita panik. Karena jika kita panik, maka kita akan lebih sulit berpikir dan menemukan jawaban. Selain itu, kepanikan yang ditunjukkan akan memberi gambaran yang kurang baik mengenai diri kita.

Oleh sebab itu, hendaknya kita berusaha tetap tenang meskipun sedang bingung. Dengan begitu, kita bisa berpikir dengan jernih untuk menemukan jawaban yang tepat.

2. Konfirmasi Pertanyaan 

Kita juga bisa meminta pewawancara cara untuk mengulangi pertanyaan yang diberikan kepada kita. Meskipun kita sudah mendengarnya sebelumnya namun cara ini bisa kita lakukan selain untuk memperjelas, juga bisa untuk menambah waktu kita untuk memikirkan jawaban yang tepat. Namun kita juga jangan terus meminta mengulang pertanyaan karena bisa menunjukkan kita kurang memperhatikan.

3. Coba Mulai dari Pengalaman

Ketika kita bingung memberi jawaban yang tepat untuk sebuah pertanyaan, kita bisa memulai dengan pengalaman yang sudah pernah kita alami yang masih memiliki kaitan dengan pertanyaan yang diberikan. Selain memberi nilai lebih, sambil menceritakan pengalaman maka kita juga bisa menemukan jawaban lain yang dianggap tepat.

4. Buang Pikiran Negatif

Nge-blank saat interview kerja umumnya terjadi karena banyaknya pikiran negatif dalam pikiran kita. Misalnya memikirkan jawaban sebelumnya yang mungkin menurut kita kurang tepat, atau memikirkan anggapan pewawancara mengenai diri kita. Hal ini membuat kita tidak bisa menyusun jawaban dengan baik. 

Untuk itu, kita harus segera membuang semua pikiran buruk yang ada di pikiran kita. Dengan demikian kita bisa fokus dengan pertanyaan dan menyusun jawaban dengan baik.

Itulah 4 tips yang bisa kita lakukan ketika nge-blank saat interview kerja. Semoga sukses!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak