5 Trik Psikologi yang Bisa Membuat Kamu Semakin Produktif

Budi Prathama
5 Trik Psikologi yang Bisa Membuat Kamu Semakin Produktif
Ilustrasi tanda orang produktif. (Pixabay/@geralt)

Sekarang ini banyak orang yang menginginkan segala aktivitas bisa produktif. Tetapi mewujudkan itu tidaklah mudah bagi semua orang. Menjadi produktif tentu ditopang keteguhan hati yang kuat, kerja keras yang konsisten, dan memiliki sifat mudah menyerah. 

Ada banyak penyebab orang yang berkeinginan menjadi produktif tetapi malah tidak kesampaian. Hal ini bisa disebabkan karena faktor lingkungan, pusing ambil tindakan, stress, atau terlalu nyaman untuk rebahan. Untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut, kamu bisa coba trik psikologi yang membuat kamu bisa lebih produktif seperti disadur dari akun instagram @mudahbergaul. 

1. Cari waktu ternyaman kamu untuk beraktivitas

Waktu ternyaman untuk bisa produktif tiap orang itu berbeda-beda. Ada yang produktif saat waktu subuh, pagi, siang, dan ada juga malam. Jadi kamu sesuaikan saja mana waktu yang pas untuk beraktivitas yang produktif dan mengerjakan sesuatu pas jam berapa. 

2. Jangan lupa jeda istirahat

Ini yang paling penting. Sesibuk dan sebanyak apapun pekerjaan yang kamu hadapi, jangan lupa untuk menyisakan waktu untuk istirahat. Bisa 10-20 menit sudah cukup. Misalnya berupa makan, minum, cuci muka, dan tidur sejenak. Artinya jangan terlalu ngepush diri sendiri, agar kamu tidak stress juga. 

3. Kurangi multitasking

Sebisa mungkin ketika kamu beraktivitas untuk fokus pada satu bidang pekerjaan dulu, selesaikan pekerjaan yang mendesak dan penting terlebih dahulu baru beranjak pada pekerjaan yang lain. Orang yang mengerjakan pekerjaan secara bersamaan bisa saja akan menimbulkan kewalahan sendiri. 

4. Matikan notifikasi HP

Kalau sementara beraktivitas lantas ada HP di samping atau dekat kamu, itu bisa saja mengalihkan fokus kamu. Tidak bisa dipungkiri bahwa dikit-dikit selalu ingin membuka, selalu ingin melihat perkembangan isu di media sosial, dan lain sebagainya. Itu dikarenakan karena kamu tidak bisa terhindarkan notifikasi HP. Beda halnya kalau HP kamu mematikan notifikasinya tentu kamu tidak akan terpikirkan dengannya. 

5. Buat ruang aktivitas kamu senyaman mungkin

Kalau kamu aktivitasnya WFH, cobalah dekor ruangan kamu senyaman mungkin. Berikan hiasan dan yang penting usahakan selalu dalam keadaan bersih. Intinya kamu bisa hias sendiri ruangan kamu yang bisa membuat nyaman. 

Nah, itulah lima trik untuk membuat diri kamu bisa lebih produktif. Menjadi produktif sangat penting diterapkan setiap hari, karena dengan begitu dapat mendorong diri menjadi lebih baik. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak