4 Tips Menghemat Pengeluaran Ketika Bulan Tua Tiba

Juandi Manullang
4 Tips Menghemat Pengeluaran Ketika Bulan Tua Tiba
Ilustrasi gambar menghemat (Pexels/AhsanJaya

Menghemat merupakan cara yang sering dilakukan seseorang agar uang tidak habis lebih cepat. Hidup harus terus berjalan, ketika melakukan pemborosan maka bisa jadi terjadi kelaparan maupun terlilit hutang karena melakukan pinjaman ke pihak lain.

Oleh sebab itu, setiap orang harus bisa menghemat pengeluaran terutama bagi mereka yang berada di perantauan. Hal tersebut sangat penting dilakukan agar bisa bertahan hidup.

Dalam kesempatan kali ini, perlu kita ketahui cara menghemat pengeluaran ketika bulan tua tiba. Berikut 4 (empat) tipsnya.

1. Mengurangi konsumsi makanan

Anak kos maupun para perantau harus bisa mengurangi konsumsi makanan ketika akhir bulan tiba atau bulan tua tiba. Hal tersebut sebagai bentuk penghematan pengeluaran ketika bulan tua tiba.

Kalau biasanya makan tiga kali sehari, maka di bulan tua bisa makan 2 kali sehari. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kondisi keuangan tetap terjaga atau tidak habis.

2. Mengikuti kondangan maupun pesta

Bukan menjadi rahasia umum ketika seseorang mengikuti kondangan maupun pesta orang lain tujuannya ingin mendapatkan makanan. Hal tersebut lumrah terjadi dan bisa juga untuk menjaga keuangan di akhir bulan. Cara tersebut tidaklah salah dan bisa jadi cara kamu menekan angka pengeluaran menjelang akhir bulan.

3. Mengurangi agenda nongkrong 

Nongkrong bersama teman-teman maupun bersama pasangan, rekan kerja dan lain sebagainya haruslah dikurangi. Kita ketahui bahwa namanya nongkrong pasti mengeluarkan uang. Ketika di akhir bulan kamu tidak menahan diri agar tidak sering nongkrong maka hal tersebut akan menguras keuanganmu.

Sebab itu, agenda kegiatan seperti nongkrong haruslah dikurangi agar kamu tidak merasakan kesulitan uang di akhir bulan. 

4. Memasak sendiri 

Hal terakhir yang paling penting adalah memasak sendiri. Kita harus bisa memasak sendiri buat asupan makanan setiap harinya. Patut kita sadari bahwa dengan masak sendiri akan membuat keuangan lebih hemat.

Bukan itu saja, dengan memasak sendiri akan lebih sehat juga bagi tubuh. Oleh sebab itu, kita harus mengetahui tips-tips menghemat di akhir bulan agar tidak terjadi krisis keuangan.

Dengan adanya 4 (empat) tips tersebut akan sangat membantu kamu menjaga kondisi keuanganmu. Semoga bermanfaat ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak