5 Hal Penentu Kelanggengan Suami istri

Anisa Rachma Agustina
5 Hal Penentu Kelanggengan Suami istri
Ilustrasi Pasangan (Pexels/Pavel Danilyuk)

Suami istri adalah sepasang sepatu yang saling melengkapi. Banyak pasangan suami istri yang berpisah karena mereka memilih jalan yang berbeda. Pada kenyataannya apabila sepatu itu berjalan sendiri-sendiri maka tidak akan seimbang. Alhasil mereka harus berpisah, melanjutkan langkah sendiri-sendiri daripada terus bersama namun tidak menemukan kebahagiaan.

Untuk mengantisipasi hal demikian dalam artikel ini kami akan membahas mengenai 5 hal yang harus dilakukan suami istri supaya hubungannya langgeng dan jauh dari perpisahan. Semua itu harus diusahakan oleh kedua belah pihak. Apabila hanya sepihak yang berusaha susah payah maka hasilnya tidak akan seimbang. Sepasang sepatu itu harus berjalan berdampingan untuk menggapai sakinah dalam keluarganya.

Berikut 5 hal yang harus dilakukan supaya hubungan suami istri langgeng:

1. Saling Percaya

Hal pertama yang harus kamu dan pasangan lakukan adalah saling percaya. Tumbuhkan rasa ini sebagai pondasi bahwa kalian bisa melewati segala rintangan dengan saling percaya. Apabila kalian saling percaya, maka akan mengurangi konflik yang ada. 

2. Pengertian

Kedua, cobalah untuk belajar menjadi seorang yang pengertian. Kamu dan pasangan sudah memutuskan untuk bersama berarti ia adalah orang yang kamu pilih untuk menemanimu. Pengertian bisa dimulai dari hal kecil, seperti tidak selalu menyalahkannya terhadap beberapa masalah yang kalian hadapi.

3. Saling Berbagi

Selanjutnya kamu dan pasangan harus saling berbagi dalam berbagai hal. Ketika memutuskan untuk menikah kamu dan pasangan berarti sudah konsekuen dengan segala hal. Berbagi suka, duka dan tawa, bahkan dalam beberapa kesempatan kamu harus mau berbagi materi yang kamu miliki untuk orang terkasihmu tersebut.

4. Tidak Egois

Hilangkan sifat egois apabila kamu ingin hubunganmu langgeng. Kamu dan ia punya ego masing-masing, namun kalian harus ingat untuk mempertahankan sebuah rumah tangga. Kamu dan ia tak boleh egois.

5. Menjaga Komunikasi

Komunikasi adalah salah satu faktor terpenting dalam sebuah hubungan, maka dari itu jalinlah komunikasi yang sehat antara kamu dan pasangan. Hal ini dilakukan supaya kamu dan pasangan langgeng.

Itu merupakan 5 hal yang harus kamu lakukan untuk menjaga keutuhan rumah tangga. Setiap rumah tangga pasti memiliki kisah yang berbeda, jadi masih banyak hal lain yang menjadi penentu. 

Video yang mungkin Anda lewatkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak