3 Cara Mendapatkan Ketenangan Hidup, Bersikap Sewajarnya!

Mutami Matul Istiqomah
3 Cara Mendapatkan Ketenangan Hidup, Bersikap Sewajarnya!
Ilustrasi wanita tersenyum (Pexels.com/ Yudha Aprilian)

Hidup yang kita jalani ini merupakan sebuah proses yang panjang. Sebagian ada yang punya kesempatan untuk menikmati hidupnya dengan panjang, ada yang kesempatannya cuma sebentar. Oleh karena itu, kita harus menjalani hidup ini dengan tujuan yang benar dan puas-puaskan diri sebelum tidak bisa merasakannya kembali. 

Kata orang, hidup di dunia ini ibaratkan mampir minum. Kalau dibandingkan dengan kehidupan di akhirat, maka kehidupan di dunia ini sangatlah singkat. Maka, jangan sampai terlambat untuk menabung kebaikan yang akan membuat kamu menjadi manusia yang selamat. Berikut tiga cara yang akan membuat hidup kamu menjadi lebih tenang dan damai.

1. Jangan meninggalkan kewajiban 

Semua orang punya kewajiban. Kewajiban manusia dengan Tuhannya adalah beribadah. Kewajiban sebagai kepala keluarga adalah mencari nafkah. Kewajiban-kewajiban itu harus selalu menjadi pedoman hidup agar kamu tahu diri dalam menjalani setiap fase kehidupan yang kamu lewati. 

Kamu memang punya waktu luang. Kamu memang diperkenankan untuk me time dan mencintai diri sendiri. Tapi, kesenangan-kesenangan itu tidak boleh menjadi alasan bagimu untuk lupa dengan tanggung jawab yang kamu miliki. 

Dengan selalu mengingat dan menjaga tanggung jawab itu, kamu akan menjadi manusia yang lebih baik. Kamu akan dijauhkan dari rasa bersalah yang seringkali menciptakan rasa gelisah. 

2. Ikhlas menjalani takdir Tuhan 

Manusia boleh berencana, tapi bagaimana hasil akhir adalah perkara Tuhan yang menentukan. Ketika seseorang tidak bisa ikhlas dengan takdir yang telah ditetapkan oleh Tuhan, maka hidupnya akan penuh dengan pancingan untuk melawan semua itu. Dalam dadanya akan selalu terbakar perasaan tidak terima. 

BACA JUGA: Prediksi Spanyol vs Jerman di Grup E Piala Dunia 2022: Preview, Skor dan Susunan Pemain

Meskipun kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan. Tapi selalu sadari bahwa Tuhan memberikan banyak kenikmatan dalam bentuk atau wujud yang lain. 

Kalau kita bisa ikhlas dalam menerima setiap ketentuan serta bersyukur dengan yang kita miliki, maka kehidupan yang kita jalani ini akan terasa lebih mendamaikan hati. 

3. Bersikap sewajarnya

Bersikap dengan sewajarnya juga akan membuat kamu memiliki hidup yang lebih tenang. Ketika kamu tidak suka kepada seseorang, mama tidak suka itu akan dikelola dengan sewajarnya saja. Sehingga kamu tidak punya penyakit hati yang jauh lebih buruk dari rasa benci. 

Begitu juga ketika kamu menyukai seseorang. Ketika kamu mencintai seseorang dengan sewajarnya, maka ketika kamu patah hati, patahnya juga sewajarnya. 

Bagaimana kamu pandai dalam mengelola perasaan yang ada di dalam hatimu, maka begitu pula kamu akan mengelola perasaan yang tidak kamu suka. Semakin pandai kamu dalam mengelolanya, maka akan semakin tenang dirimu dalam menjalani kehidupan. 

Jadi, itu dia beberapa hal yang akan membuat kehidupanmu menjadi tenang dan damai. Semoga bisa membantu kamu untuk mendapatkan kedamaian hati, ya!

Video yang Mungkin Anda Suka.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak