4 Pentingnya Etos Kerja Karyawan bagi Perusahaan, Wajib Catat!

Mutami Matul Istiqomah
4 Pentingnya Etos Kerja Karyawan bagi Perusahaan, Wajib Catat!
Ilustrasi tempat kerja (pexels.com/cadeau-maestro)

Bagi sebuah perusahaan, etos kerja karyawan atau pekerja merupakan hal yang sangat penting. Hal ini harus selalu ada dalam perusahaan karena etos kerja karyawan merupakan salah satu tonggak atau modal bagi perusahaan untuk selalu bergerak. Hal ini agar perusahaan bisa tetap hidup dan eksis di tengah persaingan dengan lawan usaha atau perusahaan lain.

Maka jangan heran jika semua perusahaan menginginkan karyawannya untuk selalu memiliki etos kerja yang tinggi. Mulai dari proses rekrutmen tentu saja perusahaan akan menjaring orang-orang yang terlihat memiliki semangat juang yang tinggi. Jika ketika proses rekrutmen sudah terlihat gelagat pemalas maka kemungkinan besar tidak akan diterima.

Selain dari proses rekrutmen, karyawan yang sudah masuk bekerja di perusahaan tersebut juga pastinya akan selalu mendapat dorongan agar memiliki etos kerja yang tinggi. Entah itu dengan mendapat motivasi rutin, bonus yang menggiurkan, maupun sanksi jika tidak bisa memenuhi ekspektasi. 

Etos kerja ini tidak hanya dibutuhkan di perusahaan besar saja. Usaha kecil atau UMKM yang dijalankan hanya dengan beberapa orang saja juga membutuhkan etos kerja yang kuat.

Baca juga: Link Live Streaming Serbia vs Kamerun di Lanjutan Piala Dunia 2022

Keinginan perusahaan untuk memiliki karyawan yang memiliki etos kerja yang tinggi tentu tidak terlepas dari pentingnya hak tersebut bagi perusahaan. Berikut ini adalah 4 pentingnya etos kerja karyawan bagi perusahaan atau UMKM.

1. Menumbuhkan budaya positif

Pola pikir akan menimbulkan tindakan. Tindakan yang sering dilakukan akan menimbulkan kebiasaan atau budaya. Termasuk dalam hal ini adalah etos kerja karyawan di tempat kerja akan menimbulkan kebiasaan atau budaya yang baik.

Sebagai contoh, etos kerja akan membuat karyawan bekerja dengan maksimal. Jika semua karyawan memiliki etos kerja yang tinggi, maka hal ini akan membuat karyawan di tempat kerja tidak malas-malasan atau membuang waktu dengan sia-sia. 

Baca juga: Dude Harlino Nangis di Depan Daniel Mananta Ungkap Soal Perubahan Alyssa Soebando

2. Mendapat hasil yang maksimal

Etos kerja yang tinggi akan mendorong karyawan untuk selalu bekerja dengan maksimal. Hal ini tentu saja akan berdampak baik pada hasil kerja itu sendiri. Kerja yang dilakukan dengan maksimal maka akan membuahkan hasil yang maksimal juga. Hal ini tentu akan berdampak baik pada perusahaan, misalnya mendapat keuntungan yang besar.

3. Mengalami perkembangan

Jika tidak memiliki etos kerja, maka karyawan akan bekerja dengan malas-malasan. Bahkan setip berangkat kerja hanya melakukan rutinitas untuk menggugurkan kewajiban saja. Hal ini tentu akan membuat perusahaan hanya seperti itu saja, tidak ada perkembangan atau pertumbuhan ke arah yang lebih baik.

Sebaliknya, etos kerja yang membuat karyawan bekerja dengan maksimal diharapkan mampu membuat perusahaan selalu mengalami perkembangan.

Baca juga: Tak Sopan! Bule Naikkan Kaki di Kursi Bioskop Langsung Ditegur Wanita Ini: Sembarangan di Negara Gue!

4. Tidak kalah dari pesaing

Di dunia ini tidak hanya ada satu perusahaan yang bergerak di satu bidang. Mungkin bisa dikatakan semua perusahaan memiliki pesaing. Jika karyawan perusahaan tersebut tidak memiliki etos kerja, maka perusahaan tersebut bisa kalah dari pesaing-pesaingnya. Terutama jika karyawan di perusahaan pesaing tersebut memiliki etos kerja yang lebih kuat.

Demikian 4 pentingnya etos kerja karyawan bagi sebuah perusahaan. Bagaimana menurutmu?

Video yang mungkin kamu lewatkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak