Ini Dia, 5 Tips Membaca Buku Agar Tidak Cepat Lupa!

Fatson Tahya
Ini Dia, 5 Tips Membaca Buku Agar Tidak Cepat Lupa!
Ilustrasi Membaca Buku (Pexels/Meruyert Gonullu)

Apa anda pernah merasakan, sudah lama menghabiskan waktu untuk membaca buku tetapi apa yang dibaca cepat sekali lupa, atau bahkan hanya sedikit hal yang tersimpan dalam memori pikiran. Dengan situasi seperti maka mengakibatkan kegiatan membaca buku menjadi bosan.

Maka, apa yang harus dilakukan agar tidak cepat lupa saat setelah membaca? Berikut 5 tips membaca buku agar tidak cepat lupa!

BACA JUGA: Dicatat Ya! Inilah 3 Penyebab Kamu Sulit Merasakan Kebahagiaan Hidup

1. Membaca secara acak

Lakukan pemanasan sebelum membaca dengan memilih secara acak halaman buku yang akan dibaca. Anda bisa memperhatikan gambar, judul, kata yang dicetak tebal, dan sebagaimananya.

Tujuan dari cara ini adalah untuk mendapatkan gambaran apa yang anda lihat saat membaca dari sebuah buku. Aktivitas ini bisa diibaratkan seperti menyaksikan trailer sebelum menonton film.

2. Membaca secara ulang

Ketika anda menemukan bagian yang sulit dipahami, atau bagian yang kurang dipahami maka kembalilah ke paragraf tersebut lalu baca ulang, jangan terobsesi untuk membaca cepat dengan menghabiskan semua halaman.

Jangan lupa juga untuk berhenti ketika membaca dan merenung ketika ada pembelajaran.

Wakil Presiden Republik Indonesia yang pertama yaitu Mohammad Hatta, pernah berkata, “Membaca tanpa merenungkan adalah bagaikan makan tanpa dicerna.”

BACA JUGA: Belajar dari Lesti Kejora, Ini 5 Perlengkapan Wajib Ketika Umrah

3. Catat bagian yang penting

Menulis catatan penjelas di samping halaman menggunakan kalimat anda sendiri akan berguna membuat informasi serta pelajaran dari buku semakin diingat, termasuk memberi garis bawah poin penting setiap anda membaca buku, hal ini juga dapat memperdalam pemahaman anda.

Anda juga bisa melipat ujung halaman untuk memudahkan dalam menemukan halaman penting yang sudah diberi catatan oleh anda, hal ini dapat bermanfaat untuk mempersingkat dan mempercepat waktu ketika anda mencari halaman penting yang ada dalam buku yang telah anda baca.

4. Review kembali apa yang telah anda baca

Setelah membaca, tutuplah buku dan coba untuk mengucapkan apa saja yang telah anda pelajari. Akan lebih menarik apabila kamu bisa melakukan kegiatan review ini dengan teman yang juga membaca buku, ini juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan rasa bosan.

Kegiatan ini dapat digunakan sebagai tolak ukur mengenai pemahaman anda tentang buku tersebut.

BACA JUGA: Perhatikan! 4 Cara agar Tidak Jadi Sasaran Jambret Ketika di Tempat Umum

5. Lakukan praktik dan evaluasi

Tips kelima ini sangatlah penting, kalau anda sudah praktik maka anda dapat melakukan evaluasi dengan cara bertanya, apa sudah sesuai dengan apa yang anda baca?

Dengan melakukan cara ini , apa yang anda baca atau anda pelajari akan semakin mudah untuk diingat dan dipahami, serta dapat memaksimalkan proses anda membaca.

Itulah 5 tips membaca buku agar tidak cepat lupa, semoga bermanfaat!

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak