4 Cara Merawat Wallpaper pada Dinding, Dijamin Anti Ribet!

Elvira D Paramitha
4 Cara Merawat Wallpaper pada Dinding, Dijamin Anti Ribet!
Ilustrasi wallpaper dinding (Unsplash.com / 刘 å¼ŗ)

Mendekorasi dinding dengan wallpaper menjadi salah satu kegiatan yang digemari banyak orang untuk mempercantik rumah mereka. Sebab, wallpaper memiliki beragam pilihan yang mampu menyesuaikan selera pemiliknya. Pemasangan wallpaper pada dinding juga dinilai lebih efisien karena tidak memerlukan tenaga dan waktu yang banyak.

Sayangnya, banyak yang mengira wallpaper pada dinding membutuhkan perawatan yang lebih sulit. Padahal, merawat dinding yang dilapisi cat atau wallpaper memiliki tingkat kesulitan dan kemudahannya masing-masing. Untuk kamu yang ingin merawat wallpaper pada dinding, kamu hanya perlu perhatikan 4 tips di bawah ini. 

1. Pastikan Dinding Tidak Lembab

Sebelum memasang wallpaper pada dinding, pastikan terlebih dahulu bahwa dinding tersebut tidak lembab. Sebab, wallpaper yang dipasang pada dinding yang lembab dapat menimbulkan jamur dan membuat wallpaper serta dinding tersebut menjadi rusak.

Jangan pasang wallpaper di dinding yang berpotensi terkena air atau minyak secara terus menerus seperti dapur atau teras. Setelah wallpaper terpasang, tetap pastikan bahwa dinding yang dipasangi terhindar dari kelembapan yang berpotensi merusak wallpaper. 

2. Jangan Meletakkan Furniture Terlalu Dekat dengan Dinding

Dinding yang dipasangi wallpaper akan lebih rentan rusak karena goresan atau gesekan benda-benda asing yang mengenai permukaan wallpaper. Maka dari itu, saat meletakkan furniture seperti lemari, meja dan hal sejenis, pastikan bahwa terdapat sedikit jarak antara furniture tersebut dengan dinding agar menghindari goresan atau gesekan yang tidak terduga. 

BACA JUGA: Bela Sambo Mati-matian, Nikita Mirzani Semprot Hakim: Hanya Tuhan yang Berhak Cabut Nyawa Manusia!

3. Rutin Bersihkan Debu

Rutin membersihkan debu yang menempel pada permukaan wallpaper juga dapat membantu merawat serta mempertahankan kualitas wallpaper. Kamu tidak perlu membersihkannya dengan cairan-cairan yang tidak perlu. Justru, kamu harus menjaga wallpaper pada dinding agar tidak terlalu sering bersentuhan dengan cairan agar dinding tetap kering dan terhindar dari lembab.

4. Gunakan Lem yang Berkualitas

Hal yang jarang diperhatikan agar wallpaper pada dinding tetap terjaga kualitasnya adalah penggunaan lem. Jika lem yang digunakan saat pemasangan bukanlah lem yang berkualitas baik, besar kemungkinan wallpaper akan mudah rusak lebih cepat.

Pemasangan lem untuk wallpaper dinding juga perlu diperhatikan agar tidak terlalu kuat atau renggang. Saat terlalu kuat, wallpaper tersebut dapat merusak cat atau permukaan dinding saat akan dilepas dan diganti. Sedangkan, jika terlalu renggang, wallpaper dapat dengan mudah terlepas dan menjadi sobek.

Bagaimana menurut kamu? perawatan wallpaper tidaklah terlalu sulit, bukan?

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak