Dijamin Semakin Flawless, Berikut 7 Tips Makeup Tahan Seharian

Tania Aqilla Adriana
Dijamin Semakin Flawless, Berikut 7 Tips Makeup Tahan Seharian
Ilustrasi Makeup (pexels.com/@andersonguerra)

Di tengah padatnya aktivitas kuliah maupun kerja, perempuan tentu membutuhkan makeup yang tahan seharian agar tidak perlu repot-repot touch up kembali.

Makeup yang tidak mudah luntur memang diperlukan perlakuan khusus agar riasan tetap selalu on point. Untuk itu, perempuan perlu memperhatikan kembali tahapan serta jenis produk makeup yang digunakan agar memberikan kesan baik pada wajah.

Berikut 7 tahapan yang dapat diterapkan agar makeup tahan seharian dan semakin tampak flawless, yaitu:

1. Persiapkan Kulit Pada Wajah (Skin Preparation)

Melakukan skin preparation (Unsplash/Pixie)
Melakukan skin preparation (Unsplash/Pixie)

Sebelum mulai menggunakan makeup, baiknya persiapkan kulit wajah terlebih dahulu dengan baik, yaitu dengan menggunakan skincare seperti eksfoliasi, toner, serum, moisturizer dan sunscreen.

Hal tersebut bertujuan agar kulit menjadi lebih sehat dan terhidrasi sehingga makeup jadi lebih menempel dan tahan lama di wajah.

2. Menggunakan Primer

Ilustrasi primer (Unsplash/Gabrielle Henderson)
Ilustrasi primer (Unsplash/Gabrielle Henderson)

Sebelum mengaplikasikan base makeup, disarankan untuk menggunakan primer pada wajah agar makeup tidak mudah geser dan membantu tahan lebih lama. Selain itu, primer juga memiliki banyak manfaat untuk look pada wajah, seperti menghaluskan kulit, menutup pori-pori serta garis-garis kulit wajah agar tampak lebih halus.

3. Gunakan Base Makeup yang Tepat

Base makeup (Pexels/Valeriia Miller)
Base makeup (Pexels/Valeriia Miller)

Memilih base makeup sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit tentu sangat diperlukan agar nantinya makeup tidak memberikan kesan kusam, abu-abu maupun menjadi cakey.

Saat ini, base makeup tersedia dengan berbagai jenis produk dan shade, seperti foundation, cushion, bb cream, cc cream, concealer, dan lain-lain, serta tersedia dengan berbagai kebutuhan jenis kulit, mulai dari kulit berminyak, kering, dan kombinasi.

4. Aplikasikan Makeup Secara Tipis-tipis

Ilustrasi riasan tipis (Pexels/Adrienn)
Ilustrasi riasan tipis (Pexels/Adrienn)

Menggunakan riasan secara tipis-tipis bertujuan agar kulit wajah terlihat lebih halus, tekstur yang tidak terlalu terlihat serta tetap memberikan kesan natural pada wajah sehingga hindari menggunakan makeup secara tebal atau berlayer-layer agar riasan tidak mudah pecah.

5. Memilih Eyeliner dan Maskara Tahan Air (Waterproof)

Maskara waterproof (Pixabay/Bruno)
Maskara waterproof (Pixabay/Bruno)

Memilih dan mengaplikasikan eyeliner dan maskara yang tahan air atau waterproof sangat dibutuhkan agar makeup tidak berantakan saat terkena air, hujan maupun saat sedang menangis. Eyeliner dan maskara yang cepat luntur hanya akan merusak makeup secara keseluruhan dan merusak look pada wajah karena warnanya yang cukup gelap.

6. Gunakan Translucent Powder

Ilustrasi translucent powder (Freepik)
Ilustrasi translucent powder (Freepik)

Setelah pengaplikasian makeup selesai, disarankan untuk menggunakan bedak tabur transparan agar makeup menjadi lebih matte, tidak mudah geser serta mengurangi minyak berlebih pada wajah.

7. Gunakan Setting Spray Sebagai Sentuhan Akhir

Setting spray (Freepik)
Setting spray (Freepik)

Bagi kamu yang memiliki kulit kering, disarankan untuk menggunakan setting spray sebagai tahap akhir dibandingkan dengan bedak tabur. Hal ini disebabkan karena setting spray memberikan kelembapan lebih pada wajah sehingga makeup menjadi tahan lebih lama.

Dalam menggunakan setting spray baiknya berikan jarak sekitar 6 inci pada wajah, lalu semprot secukupnya atau sekitar tiga kali agar wajah tidak terlalu basah dan makeup tidak luntur.

Dengan melakukan tahapan demi tahapan di atas, makeup akan tahan lebih lama dan wajah tampak semakin flawless. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak