alexametrics

Penderita Penyakit Asam Urat: Hindari Hidangan Imlek Berikut

suprema
Penderita Penyakit Asam Urat: Hindari Hidangan Imlek Berikut
Ilustrasi Lampion Imlek (shutterstock)

Selama perayaan tahun baru Imlek akan ada banyak hidangan yang wajib disajikan selama perayaan ini, karena kegiatan utama dalam perayaan ini adalah makan bersama keluarga. Banyak sajian yang dihidangkan dengan harapan dapat memberikan hal-hal baik termasuk kebahagiaan, kesehatan dan kemakmuran dalam 1 tahun kedepannya.

Tapi tahukah kamu, ada beberapa hidangan wajib saat perayaan Imlek yang dapat membuat penderita asam urat kambuh? Berikut beberapa sajian yang harus dikurangi atau bahkan dihindari bagi penderita asam urat:

1. Daging Babi

Hidangan babi selalu ada dalam sajian Imlek yang akan dimakan oleh keluarga besar Tionghoa. Hal ini mempunyai arti khusus, seperti yang banyak orang tahu bahwa babi adalah simbol hewan pemalas. Oleh karena itu, memakan babi saat merayakan Imlek diharapkan agar orang yang memakannya tidak akan menjadi pemalas.

Tapi penderita asam urat perlu tahu bahwa daging babi dan daging sapi mengandung persentase purin yang tinggi ditambah lagi daging ini sangat berlemak, jadi disarankan bagi penderita asam urat untuk menghindari hidangan ini di perayaan Imlek. 

2. Bebek dan Ayam

Daging ayam ataupun bebek akan selalu ada dalam perayaan tahun baru China, hidangan ini memiliki arti kesetiaan dan ketaatan. Oleh karenanya, sajian ayam atau bebek selalu dihidangkan saat perayaan Imlek. Ayam dan bebek ini juga pasti disajikan secara utuh dengan harapan keluarga yang memakannya akan menjadi keluarga yang utuh dan bahagia selalu.

Daging ayam dan bebek juga disarankan untuk dihindari bagi penderita asam urat, karena ayam dan bebek termasuk jenis unggas yang memiliki kandungan purin yang lebih tinggi daripada daging putih pada umumnya. Namun ayam masih aman untuk dikonsumsi jika tidak dimasak dengan menggunakan banyak minyak. 

3. Udang

Udang merupakan simbol kemakmuran, dan merupakan salah satu hidangan wajib saat perayaan Imlek. Beberapa orang di China berasumsi saat menghidangkan udang ketika Imlek itu artinya semoga kebahagiaan senantiasa menemani di tahun selanjutnya. Tetapi hidangan ini, kaya akan purin sehingga sangat tidak baik untuk penderita asam urat. Kandungan purin yang terdapat dalam udang mencapai 234 mg/100 gram. Sedangkan, tubuh hanya memerlukan 100-150 mg kadar purin per hari. 

4. Manisan

Manisan yang dihidangkan dalam kotak segi delapan dikenal sebagai “Tray of Happiness”, memiliki banyak makna dari setiap manisan yang dihidangkan. Meski kadar purin dalam gula tergolong rendah, Anda tetap disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan yang mengandung gula. Mengonsumsi gula secara berlebihan bisa memperburuk gejala asam urat yang diderita.

Itulah beberapa makanan khas Imlek yang sebenarnya sayang sekali untuk dilewatkan. Untuk kamu penderita asam urat ada baiknya untuk menyiapkan obat asam urat, atau untuk mencegah nyeri sendi karena asam urat muncul minumlah obat herbal asam urat agar perayaan Imlek mu tidak berantakan. Obat herbal disarankan karena terbuat dari bahan alami yang aman untuk dikonsumsi oleh siapapun. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak