Politeknik PU Selenggarakan Seminar Online Terkait Dunia Infrastruktur

politeknik pekerjaan umum
Politeknik PU Selenggarakan Seminar Online Terkait Dunia Infrastruktur
5 Tips Video Call Nyaman Saat Work From Home

Rangkaian seminar online Politeknik Pekerjaan Umum tingkatkan pengetahuan mahasiswa maupun masyarakat akan dunia infrastruktur

Suara.com - Guna meningkatkan pengetahuan mahasiswa Politeknik Pekerjaan Umum dan masyarakat akan dunia infrastruktur, Politeknik Pekerjaan Umum mengadakan rangkaian seminar online. Seminar online pertama bekerja sama dengan PT Geosinindo. Diadakan via daring, seminar online ini mengambil tema Penyelidikan Tanah dan Aplikasinya pada Konstruksi Timbunan di Atas Tanah Lunak Dengan Vacuum Preloading dan Penanganan Kelongsoran Lereng Dengan Geotekstil Komposit.

Kegiatan tersebut dimoderatori oleh Himawan T.Santoso dan dibuka oleh Direktur Politeknik Pekerjaan Umum, Prof. Indratmo Soekarno. Penyelenggaraan seminar online ini menghadirkan manajemen Geosinindo, As’ari Suharto dan dua Narasumber dari Geosinindo, yaitu Sigit Dwi Prasetyo dan Pria Ardhana.

Dalam sambutannya, Prof. Indratmo Soekarno menyampaikan bahwa seminar online ini membahas dua tema dalam bidang pembangunan disektor ke PU-an, yaitu aspek geosintetik penyelidikan tanah dan aplikasinya pada konstruksi timbunan diatas tanah lunak. Dua tema tersebut relevan bagi pembangunan infrastruktur yang ada di lingkungan pekerjaan umum baik bidang pembangunan jalan, pembangunan  jembatan, maupun gedung.

Manajemen PT Geosindo, As’ari Suharto memaparkan sekilas mengenai profile perusahan dan melalui seminar online ini diharapkan dapat sharing bersama, sehingga dapat  berkontribusi dan bekerja sama dalam membangun Indonesia.

Sigit Dwi Prasetyo menyampaikan paparannya mengenai pengaplikasian vacuum preloading pada konstruksi timbunan jalan di atas tanah lempung lunak, percepatan konsolidasi vacuum preloading, desain perencanaan untuk percepatan konsolidasi, metode pelaksanaan vacuum preloading, beserta dengan studi kasus yang ada. Hal ini dikarenakan tanah lunak memiliki ciri ciri point geseran rendah dan kompresibilitasnya tinggi, sehingga jika membangun struktur di tanah lunak harus ada perlakukan khusus.

Paparan mengenai studi kasus penanganan kelongsoran lereng jalan menggunakan geosintetik komposit disampaikan oleh Pria Ardana. Untuk dapat menentukan jenis pengujian geosintetik yang sesuai dengan fungsi dan aplikasi geosintetik diperlukan metode, data proyek dan instalasi sesuai dengan kondisi lapangan yang dihadapi.

Penyelenggaraan seminar online ini diikuti oleh sekitar 800 peserta baik dari mahasiswa maupun masyarakat umum. Rangkaian seminar online ini diharapkan dapat menambah pengetahuan mahasiswa teknik sipil maupun masyarakat mengenai jenis geosintetik yang sesuai dengan fungsi dan aplikasi geosintetik yang  direncanakan.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS