alexametrics

Menumbuhkan Rasa Gemar Membaca pada Anak Bersama Komunitas Teman Baca

sophia wanda nur azizah
Menumbuhkan Rasa Gemar Membaca pada Anak Bersama Komunitas Teman Baca
Kegiatan Komunitas Teman Baca di Tangerang Selatan, Provinsi Banten. (dok. Komunitas Teman Baca)

Buku adalah jendela ilmu pengetahuan. Dengan membaca buku, kita mendapat banyak sekali manfaat. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menumbuhkan rasa gemar membaca sejak dini.

Suara.com - Buku adalah jendela ilmu pengetahuan. Dengan membaca buku, kita mendapat banyak sekali manfaat. Namun, menumbuhkan rasa gemar membaca buku tidak bisa secara cepat dan perlu proses untuk menumbuhkan rasa gemar membaca buku. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memperkenalkan rasa gemar membaca kepada anak-anak sejak dini.

Di ere digital seperti sekarang ini, internet sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, terutama anak-anak. Era digital tidak hanya menimbulkan dampak positif, tetapi juga dapat menimbulkan dampak negatif bagi anak-anak. Misalnya, anak-anak sekarang lebih memilih untuk bermain dengan gadget mereka daripada membaca buku. Terlebih lagi, selama masa pandemi Covid-19 pemerintah telah menetapkan kebijakan belajar dari rumah yang membuat kegiatan belajar menjadi tidak efektif.

Melihat kondisi tersebut, para alumni Madrasah Aliyah Negeri 19 Jakarta bertekad mengambil peran untuk membantu anak-anak dalam belajar dan menumbuhkan rasa gemar membaca melalui sebuah komunitas bernama Komunitas Teman Baca.

Kegiatan Komunitas Teman Baca telah dilakukan sejak 24 Agustus 2020 di sekitar Jalan Caraka 8 No. 1 Kelurahan Pondok Karya, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Di sekitar daerah tersebut juga terdapat komunitas membaca lain yang turut membantu kegiatan Komunitas Teman Baca.

Serangkaian acara dilakukan mulai dari menceritakan cerita anak, dilanjutkan dengan pembagian kelompok untuk membimbing anak-anak dalam membaca, setelah itu dilanjutkan dengan menonton film animasi yang memiliki nilai-nilai positif untuk anak-anak, lalu ada beberapa permainan dan pemberian hadiah untuk menambah semangat anak-anak dalam kegiatan tersebut, dan kegiatan diakhiri dengan berdoa bersama.

Komunitas Teman Baca melakukan kegiatan tersebut dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah selama masa pandemi Covid-19 seperti dengan menggunakan masker, memperhatikan kebersihan salah satunya dengan mencuci tangan, dan menerapkan sistem jaga jarak selama kegiatan.

Tidak dapat dipugkiri bahwa kita sebagai pemuda memiliki peran yang sangat besar dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia. Kita dapat melakukan peran kita melalui berbagai hal, salah satunya dengan membentuk suatu komunitas yang bermanfaat bagi orang lain seperti Komunitas Teman Baca yang berkontribusi dalam menumbuhkan rasa gemar membaca pada anak-anak. Berawal dari hal sederhana, namun manfaatnya akan sangat besar bagi anak-anak.

Membentuk sebuah komunitas seperti Komunitas Teman Baca sangat penting karena seorang anak akan meniru perilaku orang-orang disekitarnya. Apabila seorang anak berada disekitar orang-orang yang memiliki nilai-nilai positif seperti gemar membaca, maka anak tersebut juga akan mulai meniru perilaku orang tersebut dengan mulai membaca buku. Jadi, sangatlah penting lingkungan seperti apa anak-anak berada karena lingkungan itu akan membentuk perilaku anak.

Komunitas Teman Baca sangat berharap bahwa melalui kegiatan yang telah dilakukan, anak-anak akan mulai gemar membaca buku dan akan banyak komunitas lainnya di masa yang akan datang, terutama komunitas membaca buku. Hal yang perlu kita ingat adalah membaca buku sangatlah penting. Semakin sering kita membaca buku, maka akan semakin banyak pula pengetahuan yang akan kita dapatkan.

Komentar