facebook

Strategi Jitu Memulai Bisnis Kuliner dengan Mudah

Nazmi Wahida
Strategi Jitu Memulai Bisnis Kuliner dengan Mudah
Ilustrasi pedagang(freepik)

Bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis yang tidak akan pernah ada matinya, karena peluang usaha yang dinilai cukup menjanjikan. Baik itu berupa makanan atau pun minuman.

Hal ini dikarenakan makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Maka tak mengherankan jika banyak orang yang ingin memulai bisnis kuliner.

Untuk memulai bisnis kuliner, Anda harus memiliki strategi yang tepat, agar dapat mengembangkan usaha hingga mencapai target yang diharapkan. Berikut ini beberapa hal dan strategi yang perlu Anda ketahui sebelum memulai usaha kuliner:

1. Tentukan Bisnis yang akan dijalankan

Anda bisa memulai bisnis kuliner menyesuaikan dengan ketertarikan dan juga kemampuan yang dimiliki. Dengan memulai bisnis kuliner yang sesuai dengan ketertarikan diri, Anda bisa lebih berkomitmen dengan usaha yang dirintis.

Selain itu, pastikan Anda memilih usaha yang tepat dan jangan sekadar mengikuti tren, karena tren lama-lama bisa hilang. Apabila Anda tidak mampu bertahan, hal tersebut beresiko mengalami kegagalan.

2. Riset Potensi Bisnis

Sebelum memulai sebuah bisnis, sebaiknya Anda melakukan survey atau riset terlebih dahulu. Dengan riset yang mendalam, Anda bisa mengetahui bagaimana harga ataupun persaingan yang ada di pasar serta potensi bisnis yang akan Anda tekuni.

Melalui survei Anda juga bisa mengetahui bagaimana perkiraan daya beli masyarakat terhadap bisnis Anda.

3. Siapkan Modal Usaha

Salah satu faktor terpenting dalam memulai bisnis kuliner ialah modal awal. Jika Anda hanya memiliki modal yang kecil, Anda bisa merintis usaha dengan skema franchise. Selain Anda bisa memilih bisnis sesuai dengan modal yang Anda miliki, bisnis franchise juga tidak terlalu memiliki risiko yang tinggi.

Salah satu bisnis franchise dengan modal terjangkau adalah So Sweet. Sebuah bisnis minuman layer yang memiliki cita rasa sesuai dengan selera masyarakat masa kini.

4. Tetapkan Menu andalan

Jika Anda ingin membuka usaha kuliner, tentu saja Anda harus memperhitungkan menu apa yang akan disajikan. Menu yang Anda pilih sebaiknya telah lolos uji coba melalui survey target pasar Anda saat ini.

Selain itu, sebaiknya Anda juga memiliki menu andalan yang menjadi ciri khas usaha Anda dibandingkan dengan menu-menu yang lain.

5. Perhatikan target dan promosi

Salah satu poin terpenting dalam menjalankan bisnis adalah  kesesuaian target pasar dengan pemasaran.

Promosi menjadi salah satu bagian penting dari sebuah bisnis untuk meningkatkan brand awareness kepada target pasar Anda. Apalagi dengan berkembangnya teknologi saat ini, melakukan sebuah promosi bukan hal yang sulit dilakukan.

Anda bisa memanfaatkan berbagai media seperti Instagram atau Facebook untuk memperluas jangkauan bisnis Anda.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak