alexametrics

5 Tokoh Dunia yang Ternyata Seorang Vegetarian. Siapa Saja?

Made Dinda Y S
5 Tokoh Dunia yang Ternyata Seorang Vegetarian. Siapa Saja?
Ilustrasi makanan vegetarian. (Houseofwellness.com)

Ternyata 5 tokoh terkemuka di dunia adalah seorang vegetarian, loh!

Suara.com - Vegetarian adalah sebutan untuk orang yang tidak mengonsumsi daging. Biasanya, para vegetarian akan mengganti nutrisi yang terdapat dalam daging dengan protein nabati seperti olahan tahu, tempe, sayur-sayuran, dan juga tepung.

Seseorang yang menjalankan gaya hidup vegetarian biasanya didasari oleh suatu ajaran agama dan tak jarang ada yang memilih vegetarian karena ingin hidup lebih sehat.

Ternyata, gaya hidup vegetarian sudah ada sejak beratus-ratus tahun silam, loh! Berikut tokoh dunia terkemuka yang ternyata seorang vegetarian:

1. Phytagoras

Phytagoras dikenal sebagai filsuf  Yunani yang hidup pada 500-490 SM. Selain terkenal dengan penemuannya di bidang matematika, ternyata Phytagoras juga menggagas konsep untuk tidak mengonsumsi daging dan ikan, loh!

Oleh sebab itu, orang-orang di sekitarnya yang pada saat itu tidak memakan daging disebut dengan “Phytagorean”. Istilah “Phytagorean” tersebut kemudian berkembang menjadi “Vegetarian”.

2. Mahatma Gandhi

Tokoh asal India yang memiliki nama asli Mohandas Karamchand Gandhi ini memang terkenal sebagai seorang vegetarian. Latar belakang keluarganya yang merupakan seorang penganut Hindu Vaishnava mendorongnya untuk menjadi seorang vegetarian.

Bahkan, saat ia menempuh kuliah hukum di Inggris, ia rela berjalan sejauh puluhan kilometer hanya untuk mencari restoran vegetarian.

3. R.A. Kartini

Siapa yang tidak kenal dengan R.A. Kartini? Tokoh emansipasi perempuan asal Indonesia ini ternyata seorang vegetarian. Hal ini dibuktikan dengan surat yang ia kirim kepada sahabatnya, Ny R.M. Abendanon-Mandiri dan suaminya saat ia berusia 23 tahun.

Berikut adalah sebagian kutipan surat yang ia tulis: "Kami sekarang pantang makan daging. Sudah lama kami merencanakan itu, dan bahkan beberapa tahun saya hanya makan tanaman saja, tetapi tidak punya cukup keberanian susila untuk bertahan. Saya masih muda sekali, masih berusia 14, 15 tahun." (kami menunjuk pada Kartini dan adik adiknya). "Vegetarisme itu doa tanpa kata kepada Yang Maha Tinggi."

4. Leonardo da Vinci

Jika kamu seorang peminat seni, pasti kamu tidak asing dengan Leonardo da Vinci. Ia dikenal sebagai seorang polymath (berpengetahuan di berbagai bidang) terbesar dalam sejarah manusia, ia adalah seorang penemu, seniman, musisi, arsitek, insinyur, ahli anatomi, dan juga sejarawan.

Tak banyak yang mengetahui bahwa ia juga merupakan vegetarian. Leonardo da Vinci diketahui tidak memakan daging dari sebuah surat yang ditulis oleh Andrea Corsali (penjelajah Italia) kepada Giuliano de Medici (penjaga Leonardo da Vinci).

5. Leo Tolstoy

Ia adalah penulis terkemuka asal Rusia yang menumbuhkan gerakan vegetarian di abad ke-19. Leo Tolstoy mengabadikan hidupnya untuk menganut mistik Kristennya sendiri yang berfokus pada pasifisme. Gagasan pasifisme Tolstoy menolak adanya kekerasan terhadap makhluk hidup, baik hewan maupun manusia.

Ia menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke sebuah rumah jagal. Pada saat itu, ia menyaksikan penderitaan yang dialami oleh hewan-hewan dan ketidakpedulian tukang daging terhadap hewan tersebut. Oleh sebab itu, ia memilih untuk tidak menyakiti hewan dengan menjadi seorang vegetarian.

Nah, itu dia 5 tokoh dunia terkemuka yang memilih untuk menjadi seorang vegetarian sepanjang hidupnya. Apakah kamu juga tertarik untuk menjadi seorang vegetarian?