alexametrics

6 Fakta Bangsa Viking, Jagoan di Lautan yang Dikenal Memperhatikan Penampilan

Ary
6 Fakta Bangsa Viking, Jagoan di Lautan yang Dikenal Memperhatikan Penampilan
Ilustrasi kapal Bangsa Viking (Unsplash/Steinar Engeland)

Sejarah menceritakan banyak kejayaan Bangsa-Bangsa terdahulu berikut peradaban di zamannya. Salah satunya ialah Bangsa Viking. Bangsa Viking dikenal dengan orang-orang berperilaku barbar dan dianggap sebagai Bangsa tempat lahirnya perompak atau bajak laut.

1. Keturunan Bangsa Skandinavia

Denmark, Norwegia, dan Swedia atau yang dikenal dengan Negara Skandinavia merupakan asal mula dari Bangsa Viking. Awalnya, 2000 tahun sebelum Bangsa Viking ada, orang-orang Jerman bermigrasi dari Eropa bagaian barat laut ke Denmark, Norwegia, dan Swedia. Jadi bisa dikatakan bahwa leluhur atau nenek moyang Bangsa Viking adalah Bangsa Jerman.

2. Terkenal Dengan Kebrutalannya

Dahulu, di Inggris sempat ada doa bergema yang berbunyi “Oh Tuhan, lepaskanlah kami dari kemurkaan orang-orang North”. Yang dimaksud orang-orang North adalah Bangsa Viking. Bunyi doa seperti demikian bukan tanpa sebab, melainkan karena kebrutalan Bangsa Viking sudah diketahui banyak Bangsa-Bangsa di Eropa.

Pernah pada Juni 793 M, pulau kecil Lindisfarne Inggris diserang oleh Bangsa Viking dengan sangat brutal. Dengan menggunakan kapal layar dan bersenjatakan pedang dan kapak mereka membantai biarawan yang berada di pulau kecil tersebut. Mereka menjarah emas, perak, dan benda berharga lainnya.

3. Alasan Bangsa Viking menyerang dan merampok Bangsa

Pada awalnya, pekerjaan Bangsa Viking sama dengan nenek moyangnya yaitu sebagai petani. Sedangkan di tempat-tempat yang lebih dingin, mereka lebih banyak bergantung pada berburu binatang. Lalu mengapa mereka sampai melakukan penyerangan dan perampasan di beberapa wilayah Eropa?

Banyak teori yang menjelaskan tentang alasan tersebut, salah satunya Peter Sawyer dalam bukunya "The Oxford Illustrated History of the Vikings", menjelaskan "Sebagian besar dari generasi pertama Bangsa Viking mencari kemakmuran, bukan tanah". 

Selain itu, banyak sejarawan yang berpendapat bahwa penyebab Bangsa Viking melakukan penyerangan dan perampasan yakni karena jumlah populasi penduduk yang besar, meskipun hal ini hanya berlaku di Norwegia yang tanah pertaniannya terbatas.

4. Agama Bangsa Viking

Bangsa Viking menyembah banyak Dewa. Beberapa Dewa yang disembah oleh Bangsa Viking adalah Odin, Thor, Freya, dan Hel.

5. Bangsa Viking sangat memperhatikan penampilan

Sudah sangat melekat dalam memori bahwa Bangsa Viking adalah Bangsa yang barbar dan berperawakan sangar. Namun, sejarah mencatat tidak semua orang Viking seperti yang kita kenal sebagai barbar. Sejarah juga menceritakan bahwa orang Viking memiliki perawakan yang gagah dan tampan, mereka senang bersolek dan sangat memperhatikan penampilannya.

Dalam penggalian arkeolog yang dilakukan terhadap kuburan mereka, ditemukan banyak alat-alat untuk berdandan dan membersihkan diri seperti sisir, pisau cukur, dan tusuk gigi yang terbuat dari tanduk atau tulang-tulang. Mereka biasanya meletakan sisir di ikat pinggang bersama dengan senjatanya. Bahkan beberapa dari mereka membawa sisir sampai akhir hayatnya.

6. Mampu Membuat Kapal Paling Fleksibel di Jaman-nya

Pada masanya, Bangsa Viking mampu membuat kapal yang hebat sehingga Bangsa juga dikenal sebagai pelaut yang ulung. Menurut seorang sejarawan dan budayawan bernama Dr. William Short, Viking merupakan Bangsa yang pertama kali menciptakan kapal dengan perhitungan luar biasa. Mereka bisa membuat kapal dengan draft yang dangkal sehingga bisa berlayar di sungai dan menyerang musuh dari bantaran sungai.

Di sisi lain, mereka menemukan stabilitas untuk kapal berupa baja yang mampu mengamankan tiang kapal untuk memasang layar dengan ukuran raksasa. Oleh karena itu, mengapa kapal buatan Viking adalah kapal yang sangat fleksibel. Pasalnya, dengan desain yang ada, kapal Viking mampu menempuh lautan luas dan juga mampu berlayar di sungai.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak