facebook

5 Fakta Unik Tentang Geografis di Dunia, Pegunungan Himalaya Bertambah Tinggi Tiap Tahun

Ary
5 Fakta Unik Tentang Geografis di Dunia, Pegunungan Himalaya Bertambah Tinggi Tiap Tahun
Ilustrasi bumi (pexels.com)

Banyak fenomena alam dan fakta-fakta unik yang ada di berbagai negara dari seluruh penjuru dunia. Hujan "darah" yang pernah turun di sebagian negara Eropa dan Asia dan penemuan cake (kue) di Mesir yang diperkirakan berusia 4000 tahun merupakan beberapa contoh fakta unik yang ada di dunia ini.

Selain kedua hal itu, ternyata masih banyak fakta-fakta unik yang menarik untuk diketahui. Berikut ini 5 fakta unik dari penjuru dunia yang mungkin belum kamu tahu!

1. Nama bukit di New Zealand yang terdiri dari banyak huruf

Taumata whakatangi hangakoauau o tamatea turi pukakapiki maunga horo nuku pokai whenua kitanatahu, adalah nama sebuah bukit di negara New Zealand. Pasti kalian akan mengira ada kesalahan pengetikan nama bukit pada saat pertama kali membaca nama bukit tersebut.

Tapi faktanya, nama bukit yang memiliki 83 karakter tersebut memang benar adalah nama bukit di wilayah Porangahau, selatan Waipukurau di Southern Hawke's Bay, New Zealand. Bukit ini memiliki ketinggian 305 meter. Nama bukit ini menjadi nama suatu tempat dengan nama terpanjang di seluruh dunia.

2. Jarak Rusia ke Amerika Serikat hanya 3,2 KM

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, bahwa Amerika dan Rusia merupakan negara yang saling bersaing dari segala bidang. Bahkan di film Hollywood, kedua negara ini digambarkan cenderung tidak akur. Bayangkan jika negara yang tidak akur terletak di wilayah yang sangat dekat.

Alaska merupakan salah satu negara bagian Amerika Serikat. Berdasarkan luas wilayah, Alska adalah negara bagian Amerika Serikat yang paling besar. Faktanya, Alaska berada sangat dekat dengan negara Rusia, yaitu hanya berjarak 3,2 KM.

3. Alaska adalah wilayah Rusia yang dibeli Amerika Serikat

Saat ini, kita mengetahui bahwa Alaska merupakan negara bagian Amerika Serikat yang memiliki luas wilayah yang paling besar atau luas. Tapi tahukah kamu, dulunya Alaska merupakan wilayah kekuasaan negara Rusia. Namun pada 1867, Rusia menjual Alaska ke Amerika Serikat. Sehingga saat ini kita mengetahui bahwa Alaska merupaka negara bagian Amerika Serikat.

 4. Ada kantor pos di dalam air

Kantor pos ini berlokasi di 160 kaki dari lepas pantai Vanuatu. Terletak di sebuah negara yang kurang lebih berjarak 1000 mil sebelah timur Australia Utara. Di sana terdapat sebuah kantor pos yang terletak di bawah air, tepatnya berada di kedalaman 10 kaki dari permukan Mele Bay. Kantor pos yang muai beroperasi pada tahun 2003 ini merupakan kantor pos bawah air pertama di dunia.

5. Pegunungan Himalaya bertambah tinggi 1,2 cm per tahun

Himalaya merupakan barisan gunung terletak di Asia. Himalaya merupakan tempat gunung tertiggi di dunia, sebagai contoh adalah Everest dan Kangchenjunga. Disadur dari laman nationalgeographic, pegunungan Himalaya bertambah tinggi sebesar 1,2 cm setiap tahunnya.

Nah itu dia 6 fakta unik terkait geografis dari berbagai negara dipenjuru dunia. Apakah kalian punya fakta-fakta unik lainnya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak