alexametrics

Simak! Berikut 5 Cabang Olahraga Baru dalam Olimpiade Tokyo 2020

Funcrev
Simak! Berikut 5 Cabang Olahraga Baru dalam Olimpiade Tokyo 2020
Seorang pekerja menyiapkan Ariake Urban Sports Park untuk skateboarding Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo, Jepang, Minggu (18/7/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-Hoon/hp/cfo (REUTERS/KIM KYUNG-HOON)

Olimpiade Tokyo 2020, pesta olahraga multicabang terbesar di dunia resmi mulai dilaksanakan pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021 mendatang. Olimpiade Musim Panas edisi ke-32 ini sebenarnya sudah akan digelar pada tahun 2020 lalu. Namun, akibat adanya pandemi Covid-19, acara ini baru dapat diselenggarakan pada pertengahan tahun 2021 ini. Meski demikian, acara ini tetap dinamakan sebagai Olimpiade Tokyo tahun 2020.

Ada sebanyak 33 cabang olahraga yang akan dilombakan dalam olimpiade kali ini. Sebanyak 5 cabang olahraga baru, juga hadir dalam olimpiade musim panas ini.

Cabang olahraga baru ini dipilih sebagai usaha untuk menarik perhatian para pemuda dan mencerminkan tren urbanisasi olahraga. Berikut daftar lengkap cabang olahraga baru dalam Olimpiade Tokyo 2020.

1. Karate

Ilustrasi cabang olahraga karate. (Pixabay)
Ilustrasi cabang olahraga karate. (Pixabay)

Berasal dari Pulau Okinawa, Jepang. Terdapat dua disiplin karate yang dipertandingkan dalam Olimpiade Tokyo tahun ini, yakni kata dan kumite. 

Kata yang berarti bentuk atau model, di mana para atlet akan dinilai berdasarkan gerakan ofensif dan defensif yang telah disepakati sebelumnya. Adapun kumite, adalah disiplin tempur dengan melihat kemampuan atlet yang saling berhadapan dalam pertarungan tiga menit.

2. Skateboard

Ilustrasi cabang olahraga skateboard. (Unsplash/Taylor Smith)
Ilustrasi cabang olahraga skateboard. (Unsplash/Taylor Smith)

Banyak diminati anak muda, skateboard juga menjadi salah satu cabang olahraga baru dalam pertandingan di Olimpiade Tokyo 2020.

Ada dua disiplin ilmu skateboarding yang akan dilombakan, yakni street (jalanan) dan park (taman). Para atlet tampil secara individu dan diberi penilaian atas penampilan yang ditunjukkan di arena.

Skateboard jalanan dinilai dari bagaimana atlet menghadapi rintangan termasuk rel, tangga, trotoar, bangku, hingga dinding. Adapun skateboard taman akan berlangsung dalam lapangan/lintasan berlubang. Para atlet menaiki lintasan kemudian turun dengan kecepatan untuk melakukan trik udara disertai dengan musik.

Ada sebanyak 80 atlet yang akan bertanding dalam cabang olahraga skateboard ini, dengan pria dan wanita bersaing dalam kedua disiplin tersebut.

3. Panjat tebing

Ilustrasi cabang olahraga panjat tebing. (Unsplash/Roya Ann Miller)
Ilustrasi cabang olahraga panjat tebing. (Unsplash/Roya Ann Miller)

Terdapat tiga disiplin panjat tebing yang akan dipertandingkan dalam Olimpiade Tokyo tahun ini, yakni speed climbing, bouldering climbing, dan lead climbing.

Dalam speed climbing, dua atlet akan memanjat tembok setinggi 15 meter secara berdampingan pada rute yang sama. Atlet pertama yang sampai atas dan menekan tombol finish adalah pemenang. 

Adapun dalam bouldering climbing, pendaki harus menyelesaikan jalur setinggi 4,5 meter tanpa tali, memiliki rute yang lebih rumit, struktur berbatu besar, dan curam. 

Kemudian dalam lead climbing, para atlet akan beradu kecepatan dalam waktu enam menit untuk menaklukkan dinding setinggi 15 meter, adapun dalam kategori ini dinilai berdasarkan ketinggian yang berhasil dicapai sebelum waktu berakhir.

Akan ada sebanyak 40 pemanjat yang akan bertanding dalam olimpiade ini, dengan pembagian masing-masing 20 wanita, 20 pria yang terbagi dalam masing-masing disiplin.

4. Selancar

Ilustrasi cabang olahraga selancar. (Unsplash/Austin Neill)
Ilustrasi cabang olahraga selancar. (Unsplash/Austin Neill)

Cabang olahraga yang akan diselenggarakan di Pantai Tsurigasaki, sekitar 100 km dari Stadion Olimpiade Tokyo juga termasuk ke dalam kategori cabang olahraga baru dalam olimpiade musim panas ini.

Akan diberikan waktu 30 menit untuk pemanasan, di mana para atlet akan mencoba menangkap ombak sebanyak mungkin. Dan hanya dua gelombang dengan skor tertinggi yang akan dihitung.

Apabila peselancar tidak mendapatkan kesempatan ombak yang bagus, maka juri akan menilai kinerja atlet menggunakan sistem lima poin berdasarkan kriteria tingkat kesulitan, inovasi, kecepatan, kekuatan, dan aliran.

Akan ada sebanyak 20 pria dan 20 wanita yang siap menaklukkan ombak dalam cabang olahraga baru ini.

5. Baseball/softball

Ilustrasi cabang olahraga softball. (Unsplash/Rachel Barkdoll)
Ilustrasi cabang olahraga softball. (Unsplash/Rachel Barkdoll)

Sebenarnya baseball maupun softball bukanlah cabang olaharaga baru dalam pertandingan olimpiade. Namun, olahraga ini belum pernah dipertandingkan lagi sejak Olimpiade Beijing 2008.

Seperti yang kita tahu, baseball merupakan permainan yang memanfaatkan kemampuan memukul bola dan berlari untuk mencapai home plate. Pelempar akan melepas bola menuju hitter (pemukul) ke arah atas tangan. Sedangkan dalam permainan softball, pelempar akan melambungkan bola ke arah pemukul dengan melempar ke bawah tangan.

Akan ada enam tim yang akan bertanding dalam cabang olahraga ini. Dimana Baseball akan dimainkan oleh pria dan softball dipertandingkan oleh wanita.

Berikut tadi 5 cabang olahraga baru yang akan dipertandingkan dalam kemeriahan Olimpiade Tokyo 2020, adapun sejauh ini Indonesia baru mengirimkan sebanyak 28 atlet yang terdiri dari delapan cabang olahraga (cabor).

Meskipun terbilang cukup sedikit, namun sampai saat ini Indonesia telah berhasil menorehkan dua medali, yakni perunggu dari Windy Cantika dan perak dari Eko Yuli Irawan dimana keduanya merupakan cabang olahraga angkat besi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak