alexametrics

Selain Olimpiade, Berikut 7 Acara Olahraga Terbesar di Dunia

Funcrev
Selain Olimpiade, Berikut 7 Acara Olahraga Terbesar di Dunia
Ilustrasi banyaknya jumlah penonton pertandingan olahraga. (Unsplash/Stefan Lehner)

Tingginya ketertarikan dan minat masyarakat dalam dunia olahraga membuat penyelenggaraan kegiatan mendapat perhatian besar. Hal ini dibuktikan dengan tingginya antusias masyarakat datang ke pertandingan olahraga. Bahkan tidak sedikit yang sampai rela menggelontorkan uang banyak demi dapat menyaksikan pertandingan olahraga secara langsung.

Setiap orang memiliki olahraga favorit yang berbeda-beda. Mulai dari sepakbola, tenis, dan lain-lain. Masing-masing cabang olahraga memiliki penggemar, persaingan ketat, dan potensi penghasilan besar. Hal itu menjadi alasan untuk membuat beberapa acara olahraga berkelas dunia.

Berikut adalah beberapa acara olahraga terbesar berkelas dunia yang paling banyak disaksikan masyarakat.

1. Piala Dunia 

Piala Dunia. (Unsplash/Fauzan Saari)
Piala Dunia, acara sepakbola terbesar di dunia. (Unsplash/Fauzan Saari)

Siapa yang tidak kenal dengan pertandingan olahraga sepakbola terbesar di dunia yang satu ini. Diadakan setiap empat tahun sekali, penyelenggaraan piala dunia menjadi sebuah acara olahraga terbesar, ter-elit, dan paling banyak dilihat.

Kompetisi sepakbola internasional ini akan diikuti oleh tim nasional pria senior dari anggota Fédération Internationale de Football Association (FIFA). Akibat besarnya antusiasme penonton, setiap pertandingan piala dunia rata-rata di saksikan oleh 3,5 miliar pemirsa. Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, piala dunia berikutnya akan diadakan di Qatar tahun 2022, pada 21 November – 18 Desember jika tidak terdapat kendala.

2. Olimpiade

Olimpiade Rings, lambang utama olimpiade. (Unsplash/Bryan Turner)
Olimpiade Rings, lambang utama olimpiade. (Unsplash/Bryan Turner)

Pesta olahraga terbesar selanjutnya adalah olimpiade yang saat ini tengah digelar di Tokyo, Jepang. Sempat diundur karena pandemi, Olimpiade Tokyo 2020, akhirnya dapat terlaksana di pada musim panas 2021. Meskipun di tengah pandemi, olimpiade ini tetap mendapatkan antusiasme yang besar dari masyarakat. 

Dalam olimpiade, berbagai cabang olahraga di pertandingkan dan diikuti oleh ribuan atlet dari 200 negara lebih. Sama seperti piala dunia, olimpiade juga digelar setiap empat tahun sekali. Selain itu, olimpiade juga menjadi kompetisi olahraga terbesar karena berhasil menarik ratusan juta penonton dari seluruh dunia. 

Penyelenggaraan olimpiade dibagi menjadi dua, yaitu musim panas dan musim dingin. Sesuai jadwal, olimpiade musim dingin akan segera dilaksanakan di Beijing tahun 2022. Dan untuk olimpiade musim panas akan diadakan kembali di Paris tahun 2024.

3. Liga Champions UEFA

Ilustrasi kemeriahan pertandingan sepakbola. (Unsplash/David Bayliss)
Ilustrasi kemeriahan pertandingan sepakbola. (Unsplash/David Bayliss)

Liga Champions merupakan kompetisi sepakbola tahunan yang di ikuti oleh klub-klub terbaik Eropa. Kejuaraan sepakbola ini diselenggarakan oleh Union Of European Football Association (UEFA).

Besarnya pecinta sepakbola menjadikan Liga Champions menjadi salah satu kompetisi paling bergengsi untuk memperebutkan tahta tertinggi klub terbaik Eropa, dengan trofi bergulirnya yang sering disebut si 'kuping besar'.

4. Piala Dunia Kriket ICC

Ilustrasi pertandingan kriket. (Unsplash/Aksh Yadav)
Ilustrasi pertandingan kriket. (Unsplash/Aksh Yadav)

Bagi masyarakat olahraga, kriket mungkin kurang dikenal. Namun lain halnya di wilayah Inggris, Australia, dan Asia Selatan seperti India, Pakistan dan Sri Lanka. Kriket adalah olahraga yang sangat populer dan penting, khususnya di Inggris dan negara persemakmurannya. 

Piala dunia kriket merupakan kejuaraan kriket internasional yang diikuti oleh beberapa negara di dunia. Piala dunia kriket di selenggarakan oleh International Cricket Council (ICC). 

Seperti sepakbola, pertandingan kriket juga selalu ditunggu-tunggu dan menjadi tontonan favorit bagi mereka yang menggilai olahraga ini.

5. Super Bowl

Ilustrasi permainan sepakbola Amerika dalam pertandingan Super Bowl. (Unsplash/Alexander Schimmeck)
Ilustrasi permainan sepakbola Amerika dalam pertandingan Super Bowl. (Unsplash/Alexander Schimmeck)

Super Bowl adalah pertandingan final sepakbola Amerika yang dilangsungkan di akhir musim pertandingan NFL (National Football League). Pertandingan ini mempertemukan tim juara dari American Football Conference (AFC) dan National Football Conference (NFC) di Amerika Serikat. Dua tim terbaik dari masing-masing divisi bertanding untuk memperebutkan Piala Vince Lombardi.

Pertandingan dan perayaan seputar Super Bowl disebut Super Bowl Sunday. Hingga saat ini, Super Bowl menjadi salah satu tayangan yang paling banyak ditonton di Amerika. 

Selain sebagai ajang olahraga, Super Bowl juga kerap disebut sebagai perpaduan antara olahraga dan hiburan. Di mana dalam acara ini akan selalu ada musisi dan penyanyi terkenal tampil sebelum pertandingan dimulai dan half time. Tingginya antusiasme masyarakat, kini super bowl dianggap sebagai hari libur walaupun tidak resmi. Sesuai jadwal, Super Bowl akan diadakan pada 13 Februari 2022 mendatang.

6. Wimbledon

Ilustrasi pertandingan tenis lapangan dalam kejuaraan Wimbledon (Unsplash/Shep Mcallister)
Ilustrasi pertandingan tenis lapangan dalam kejuaraan Wimbledon (Unsplash/Shep Mcallister)

Wimbledon merupakan kejuaraan tenis lapangan tertua dan menjadi salah satu dari empat turnamen tenis bergengsi Grand Slam. 

Kompetisi ini dilaksanakan di lapangan milik All England Club di Wimbledon, London, Inggris. Wimbledon diikuti oleh para pemain tenis terkemuka dari seluruh negara di dunia dan satu-satunya pertandingan tenis yang di mainkan di atas rumput. Acara olahraga ini merupakan salah satu yang terbesar dengan tingginya jumlah penonton. Pertandingan ini pun diliput oleh media dengan skala internasional.

7. Tour De France

Pembalap dan antusiasme masyarakat dalam kejuaraan Tour De France. (Unsplash/Rob Wingate)
Pembalap dan antusiasme masyarakat dalam kejuaraan Tour De France. (Unsplash/Rob Wingate)

Tour De France merupakan pertandingan olahraga balap sepeda. Tour De France juga menjadi salah satu acara olahraga tahunan terbesar di dunia. Kejuaraan balapan sepeda jarak jauh ini diselenggarakan di Prancis, namun terkadang melewati negara-negara terdekat. 

Hampir 200 pembalap profesional dari 22 tim yang terdaftar ikut serta dalam Tour De France. Jarak yang ditempuh para pembalap mencapai ribuan mil dan mereka balapan selama tiga pekan. Jutaan orang akan berjejer di sepanjang rute lintasan balap untuk menyaksikan kejuaraan bergengsi ini. Jika tidak ada kendala, acara ini akan diadakan pada 1 Juli hingga 25 Juli 2022 mendatang.

Itulah tadi tujuh gelaran olahraga terbesar di dunia. Kira-kira pertandingan olahraga mana yang akan kamu saksikan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak