alexametrics

Sempat Tertinggal, Greysia/Apriyani Berhasil Lolos ke Final

Funcrev
Sempat Tertinggal, Greysia/Apriyani Berhasil Lolos ke Final
Selebrasi kemenangan Graysia/Apriyani di semifinal mengalahkan pasangan Korea Selatan. (Reuters / Leonhard Foeger)

Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu telah resmi lolos ke babak final Olimpiade Tokyo 2020 setelah mengalahkan Lee So Hee/Shin Seung Chan dengan perolehan 21-19 dan 21-17 di Musashino Forest Sports Plaza, Tokyo, Sabtu (31/7).

Pertandingan berlangsung sengit sejak di awal permainan, bahkan Greysia Polii/Apriyani Rahayu sempat tertinggal dua poin dari pasangan Korea Selatan itu hingga akhirnya smes Greysia berhasil memberikan poin pertama bagi Indonesia. Pertandingan kemudian berjalan dengan alot untuk menambah poin bagi keduanya. Kedua pasangan bermain sangat impresif hingga kedudukan 4-5 untuk pasangan Korea Selatan.

Laga terus berjalan dengan sengit, Graysia/Apriani lagi-lagi tertinggal poin, Lee/Shin unggul 11-8 pada interval gim pertama. Tak mematahkan semangat pasangan ganda putri Indonesia ini, usai interval dan diberi pengarahan oleh pelatih, Greysia/Apriyani bermain dengan lebih tenang hingga skor sukses berbalik unggul menjadi 13-11. Penaruhan bola yang jauh dari jangkauan dan permainan net yang apik dari Greysia/Apriyani menjadi kunci mematahkan lawan.

Bak saling sikut, pertandingan menjadi lebih menarik setelah Lee/Shin berhasil menyamakan skor menjadi 14-14 setelah pertahanan ganda Korsel tidak mampu ditembus Greysia/Apriyani. 

Saling menyusul poin kemudian kembali terjadi hingga Greysia/Apriyani unggul dua poin 17-15 setelah smes keras Apriyani berhasil menembus pertahanan pasangan Korea Selatan. Gim pertama semakin menegangkan setelah kedudukan imbang menjadi 18-18. Greysia/Apriyani kemudian mencapai posisi game point 20-18 setelah smes Shin menyangkut net.

Shin kembali melakukan kesalahan hingga Greysia/Apriyani menang 21-19 di gim pertama.

Di gim kedua ganda putri Indonesia-Korea ini kembali berlangsung dengan ketat. Graysia/Apriyani berhasil mendapatkan poin pertamanya di Gim kedua. Kejar mengejar poin pun berlangsung hingga kedudukan imbang 5-5. Semakin sengit pasangan Korea kemudian unggul cukup jauh 9-6 sebelum akhirnya Greysia/Apriyani kembali mendekat 9-10. Memasuki interval Lee/Shin kemudian unggul 11-9.

Sama seperti sebelumnya, setelah diberi pengarahan saat interval, Greysia/Apriyani mampu menyamakan kedudukan menjadi 11-11. Ganda putri Indonesia kemudian berbalik unggul menjadi 13-12 setelah smes Lee tidak berhasil melewati net.

Semakin alot dan menegangkan memasuki poin-poin penting gim kedua. Beberapa kali skor imbang menjadi 14-14 dan kemudian 16-16. Sebuah serve flick Apriyani kemudian menjadi kunci keunggulan bagi ganda putri Indonesia dan berhasil unggul menjadi 18-16.

Reli-reli panjang terjadi di beberapa poin akhir gim kedua. Greysia/Apriyani kemudian menang di gim kedua dengan perolehan poin 21-17 dan dipastikan lolos ke babak final ganda putri Olimpiade Tokyo 2020.

Pertandingan final Greysia/Apriyani akan digelar pada hari Senin mendatang, (2/7/2021). Greysia/Apriyani akan menghadapi pemenang antara kedua unggulan Chen Qingchen/Jia Yifan, China atau Kim So Yeong/Kong Hee Yong asal Korea Selatan. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak