alexametrics

Taklukkan Pemain Ranking 3 Dunia, Anthony Ginting Lolos Semifinal Olimpiade Tokyo

Funcrev
Taklukkan Pemain Ranking 3 Dunia, Anthony Ginting Lolos Semifinal Olimpiade Tokyo
Selebrasi kemenangan Anthony Ginting di perempat final mengalahkan Anders Antonsen. (Reuters / Leonhard Foeger)

Anthony Sinisuka Ginting baru saja lolos ke semifinal tunggal putra badminton Olimpiade Tokyo 2020 usai taklukkan pebulutangkis Denmark, Anders Antonsen 21-18 dan 21-18 di Musashino Forest Sports Plaza, Tokyo, Sabtu (31/7/2021).

Pertandingan sengit sudah dimulai sejak awal gim pertama. Perebutan poin benar terasa berat untuk Ginting dan Antonsen. Keduanya bermain dengan sabar dan sering melakukan reli panjang.

Di awal gim pertama, Ginting memimpin poin dengan smes kerasnya yang mampu membuatnya unggul 11-8 di interval gim pertama. Poin tipis terus berlanjut, Antonsen mampu bangkit hingga menyamakan kedudukan 12-12 karena sejumlah kesalahan yang dilakukan Ginting.

Timing smes yang tepat serta permainan net yang impresif menjadi kunci utama kesuksesan Ginting usai interval. Kepercayaan diri yang semakin meningkat membuat Antonsen kesulitan menghadapi permainan depan Ginting, hingga wakil Indonesia ini mencapai game point 20-14.

Setelah game point, Antonsen justru semakin intensif melakukan serangan. Antonsen sempat mendekat hingga 18-20, permainan benar-benar sangat menegangkan. Namun, sebuah smes Ginting di depan net berhasil membawa poin, unggulan kelima Olimpiade Tokyo itu menang 21-18 di gim pertama.

Di gim kedua laga kembali berjalan alot. Ginting banyak melakukan kesalahan dan membuat poinnya sedikit tertinggal. Sempat kedudukan imbang 5-5, Ginting kemudian kehilangan fokus setelah beberapa kali pengembalian bolanya out dan menguntungkan Antonsen 10-5. Antonsen kemudian menutup interval gim kedua dengan keunggulan 11-5.

Antonsen yang telah berada di peringkat tiga dunia mulai menemukan ritme permainan usai interval. Sebaliknya Ginting lebih sering melakukan kesalahan-kesalahan yang sangat menguntungkan lawan dan membuat poinnya tertinggal jauh. Antonsen unggul hingga 17-8.

Perlahan tapi pasti Ginting mulai bangkit dan mendulang poin demi poin hingga mendekat 15-19. Namun, jarak keunggulan yang cukup jauh terus dimanfaatkan Antonsen untuk merebut kemenangan 21-15 di gim kedua.

Permainan seri, dan berlanjut ke babak penentuan. Di gim terakhir Antonsen lebih banyak unggul sejak awal. Namun, Ginting tidak menyerah, Ia mulai menikmati taktik permainan dan banyak melakukan smes mematikan yang tidak sanggup ditahan oleh Antonsen. Sempat tertinggal tiga poin, Ginting kemudian mendekat hingga 8-9. Permainan sengit terus berlanjut, Antosen kemudian unggul 11-9 saat interval.

Dua kali kesalahan Ginting dalam melakukan smes, berhasil membuat Antonsen menjauh di 11-14. Tapi, Ginting tidak menyerah dan sukses berbalik unggul 15-14 lewat permainan net yang apik dan smes Nya yang semakin akurat membekuk lawan.

Perolehan poin kembali memanas di lima poin terakhir. Ginting sukses unggul dua poin di posisi 18-16 berkat smes keras yang membuat Antonsen kewalahan. Ginting berhasil melakukan match point di posisi 20-17, kemudian menutup permainan dan menang 21-18 di gim terakhir.

Hasil ini menjadi penentu lanjutnya Ginting ke babak semifinal tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020. Pertandingan Semifinal akan berlangsung Minggu (1/8/2020), Ginting akan menghadapi pemenang antara Chen Long (Tiongkok) melawan Chou Tien Chen (Tionghoa Taipei).

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak