alexametrics

Kalah di Laga Final, Atlet Tinju Inggris Enggan Kenakan Medali Perak

Funcrev
Kalah di Laga Final, Atlet Tinju Inggris Enggan Kenakan Medali Perak
Ben Whittaker refused to wear his silver medal on the podium. (EPA)

Petinju Inggris Raya, Ben Whittaker ramai diperbincangkan usai aksinya yang menarik banyak perhatian usai kalah di laga final tinju kelas berat di Olimpiade Tokyo melawan petinju asal Kuba, Arlen Lopez.

Bukan karena kekalahannya, namun momen yang membuatnya menjadi sorotan publik adalah saat waktu penyerahan medali. Petinju 24 tahun itu menolak mengalungkan medali perak yang diperolehnya dan lebih memilih untuk menyimpan medali perak tersebut di dalam kantong jaketnya walaupun kemudian sedikit diangkat ketika sesi foto bersama. 

Sontak aksinya itu mengundang banyak reaksi publik. Bahkan tak sedikit yang menghujat Whittaker karena sikapnya yang dinilai angkuh dan kurang menghargai penyelenggara.

Merasa sangat kecewa ketika sesi foto bersama dengan tiga peraih medali lainnya, Whittaker pun tampak menunduk dan tidak melepaskan senyum kemenangan.

Lebih lanjut, Whittaker menegaskan kalau medali perak memang bukan sesuatu yang harus dirayakan. 

"Ya, saya tidak meraih emas. Saya kehilangan emas, bagi saya itu adalah sebuah kegagalan jadi saya tidak akan merayakan perak saat ini," ucap Whittaker dalam artikel yang dikutip dari Daily Mail.

"Ini bukan meraih perak, tetapi kehilangan emas. Itulah mengapa saya begitu emosional. Tidak ada yang berlatih demi perak atau perunggu," sambungnya.

Muncul pro dan kontra mengenai perilaku dan komentar Whittaker terhadap perolehan medalinya. Jurnalis Inggris, Piers Morgan setuju dengan komentar jujur Whittaker. Sementara banyak netizen yang mengritik tajam perilaku petinju asal Inggris Raya tersebut. Netizen menilai bahwa perilakunya tidak patut ditampilkan dari seorang petinju kelas dunia itu.

Meskipun kecewa, petinju 24 tahun itu tetap menjunjung sportivitas dengan tetap memberi ucapan selamat kepada sang lawan.

"Semua di sini berlatih demi medali emas. Saya bangun pagi ini dengan mempercayai bahwa ini adalah harinya. Dan saya telah mendapat banyak dukungan."

"Selamat untuk Arlen. Ini adalah waktunya bagi dia. Dia adalah petinju hebat. Saya harus kembali ke sasana, mengubah beberapa hal, berlatih keras dan semoga lain kali hasilnya akan berbeda," ungkap Whittaker dalam wawancaranya bersama para media.

Referensi:

Bhatia Shekhar. British boxer Ben Whittaker REFUSES to wear his silver medal on the podium and stuffs it into his pocket, then relents and reluctantly holds it up as three rivals hug and smile for the cameras with medals around their necks. 2021. Daily Mail. Diakses pada 4 Agustus 2021 melalui https://www.dailymail.co.uk/sport/boxing/article-9859895/British-boxer-Ben-Whittaker-REFUSES-wear-silver-medal-podium-stuffs-pocket.html

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak