alexametrics

Pelatih dan Atlet Non-Medali Olimpiade Tokyo 2020 Juga Diberi Bonus 'Cukup Besar'

Funcrev
Pelatih dan Atlet Non-Medali Olimpiade Tokyo 2020 Juga Diberi Bonus 'Cukup Besar'
Tangkapan layar penyerahan bonus kepada atlet Olimpiade Tokyo 2020. (YouTube/Sekretariat Presiden)

Perjuangan para atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 mendapatkan apresiasi tinggi dari pemerintah. Di ajang olahraga terbesar ini, Indonesia meraih 5 medali dengan rincian 1 medali emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

Jumat (13/8/2021), Presiden Jokowi menerima kontingen Indonesia di Istana Kepresidenan, Bogor, untuk menyerahkan bonus yang sudah dijanjikan. Acara penyerahan ini juga disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden dan dapat disaksikan secara langsung oleh seluruh rakyat Indonesia.

"Dan atas prestasi yang saudara-saudara raih, pemerintah memberikan penghargaan berupa bonus. Untuk peraih medali emas Rp 5,5 miliar, kemudian peraih medali perak Rp 2,5 miliar, dan peraih medali perunggu Rp 1,5 miliar," kata Presiden Jokowi dalam upacara penyerahan tersebut.

Peraih medali emas adalah ganda putri bulu tangkis Greysia Polii dan Apriyani Rahayu. Greysia/Apriyani menjadi ganda putri pertama Indonesia yang meraih medali emas Olimpiade.

Peraih medali perak adalah lifter Eko Yuli Irawan. Peraih medali perunggu adalah tunggal putra bulu tangkis Anthony Sinisuka Ginting, lifter Rahmat Erwin Abdullah, dan lifter Windy Cantika Aisah.

Bonus di Olimpiade Tokyo 2020 ini naik Rp 500 juta dari Olimpiade Rio 2016. Bonus juga diberikan untuk pelatih dan atlet yang telah berpartisipasi meski belum berhasil mendapat medali.

"Bonus juga diberikan kepada para pelatih kemudian juga para atlet non-medali juga diberikan. Ya, cukup 'gede', tapi enggak usah saya sebutkan," tutur Jokowi.

Presiden Jokowi kemudian merasa bersyukur kepada para kontingen Indonesia yang sudah bisa pulang dalam keadaan sehat dan berterima kasih atas perjuangan mereka mengharumkan nama bangsa.

"Alhamdulillah, kita patut bersyukur saudara-saudara telah tiba kembali di tanah air dalam keadaan sehat dan selamat. Saya beserta seluruh rakyat sangat bangga atas perjuangan, kerja keras yang telah saudara-saudara lakukan di Tokyo dan sangat mengapresiasi hasil medali yang telah diraih," ucap Jokowi.

Kemudian acara dilanjutkan dengan tanda penyerahan kepada masing-masing peraih medali di ajang olahraga multievent Olimpiade Tokyo 2020.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak