alexametrics

Deretan 14 Lokasi Pengibaran Bendera Unik HUT ke-76 RI, Salah Satunya di Lautan Sampah

Funcrev
Deretan 14  Lokasi Pengibaran Bendera Unik HUT ke-76 RI, Salah Satunya di Lautan Sampah
PT. Askrindo kibarkan bendera Merah Putih di dasar laut Ternate (Dok. PT Askrindo)

Pengibaran bendera merah putih merupakan acara sakral yang selalu digelar untuk memperingati HUT RI setiap tahunnya. Uniknya setiap tahunnya ada saja pengibaran bendera yang dilakukan di tempat-tempat yang tidak biasa.

Pada perayaan HUT RI yang ke-76 tahun ini, sejumlah komunitas dan masyarakat juga menggelar upacara pengibaran bendera di tempat-tempat yang unik. Berikut deretan upacara pengibaran bendera yang banyak menjadi sorotan karena keunikan tempatnya.

1. Pengibaran Bendera di Tebing

Melansir dari Bisnis.com, dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, EIGER Adventure, mengadakan rangkaian kegiatan pada tanggal 17 Agustus 2021 yang tidak biasa. Bertemakan “Kenali Negeri”, rangkaian kegiatan ini bertujuan mengajak masyarakat untuk ambil peran sebagai warga negara Indonesia agar lebih kenal dengan negaranya.

Bekerja sama dengan komunitas TRAMP (Top Ranger and Mountain Pathfinder), pengibaran bendera dilakukan di 3 titik, yaitu Tebing Batu Lawang di Majalengka, Goa Grubug di Jomblang Jogjakarta, dan dari Pulau Pramuka ke Pulau Karya di Kepulauan Seribu.

2. Pengibaran Bendera Digelar di Tengah Sawah

Melansir dari Serambinews.com, upacara peringatan detik-detik proklamasi Hari Ulang Tahun (HUT) ke 76 Kemerdekaan RI di Kecamatan Mila digelar unik, pada Selasa (17/8/2021). Acara Pengibaran Sang Merah Putih dilaksanakan di Area sawah Blang Mulieng Cot Garot Gampong Dayah Andeu Kecamatan Mila Kabupaten Pidie.

Peserta upacara juga mengenakan tudung yang biasa dipakai petani lengkap dengan sepatu boat. Pelaksanaan upacara pengibaran seperti ini diharapkan dapat menumbuh kembangkan semangat masyarakat khususnya petani dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 dengan menjaga ketahanan pangan sebagai prioritas utama dalam perekonomian masyarakat pada umumnya.

3. Pengibaran Bendera di Bawah Laut

Yang satu ini mungkin sudah biasa terjadi di setiap tahunnya, selain di darat masyarakat biasanya juga merayakan hari kemerdekaan dengan mengibarkan bendera di bawah laut. Namun tetap saja hal ini selalu menarik perhatian karena unik dan menantang. 

Melansir dari Detikcom, dalam rangka menyambut HUT ke-76 RI, beberapa komunitas, di antaranya Mori Dive Club, Soroako Dive Club, yang didukung oleh PMI, Batara Rescue, Basarnas, TNI, mengibarkan bendera Merah-Putih di dasar laut di kedalaman 17 meter, dengan bentangan bendera 17 meter, dengan jumlah penyelam juga 17 orang.

Hal ini bertujuan untuk mengenalkan kembali potensi laut, khususnya di Luwu Timur, dan berharap semoga kegiatan ini bisa menginspirasi masyarakat untuk selalu menjaga kekayaan alam kita yang berlimpah-limpah.

Tidak mau kalah, Melansir dari Suara.com, PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo juga menggelar hal serupa. Pengibaran bendera Merah Putih dilakukan oleh para driver milenial Askrindo, salah satunya anggota Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia alias POSSI dan memiliki sertifikat Professional Association of Diving Instructors atau PADI, Rizki Pratama Putra Dianto. Mantan Paskibraka Nasional perwakilan dari Maluku Utara pada 2015, Vitrah Ramadhanti Albugis ikut menjadi salah satu personel yang mengibarkan bendera.

4. Pengibaran Bendera di Hutan Belantara dan Panjat Pohon Pisang

Melansir dari Kompas.com, Masyarakat Kampung Syou, Distrik Warmare, Manokwari,Papua Barat, menggelar upacara memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia di tengah hutan belantara, Selasa (17/8/2021) pagi. 

Ada keunikan dalam upacara bendera ini. Sebuah pohon pisang raksasa setinggi 25 meter dipanjat oleh seorang warga untuk mengibarkan bendera merah putih. Bahkan untuk sampai ke lokasi itu, warga harus berjalan kaki sekitar 1 kilometer menyusuri hutan belantara.

Meski tinggal di daerah yang terisolir, tetapi sangat antusias merayakan HUT Ke-76 RI dengan mengibarkan bendera di pohon pisang raksasa setinggi 25 meter.

5. Pengibaran Bendera di Sungai

Melansir dari Detikcom, pegiat wisata Batu Lumpang, di Desa Parakanmanggu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran juga menggelar upacara unik di hari kemerdekaan yaitu di sungai. Dengan separuh tubuh terendam segarnya air sungai mereka memancangkan bendera merah putih dan menggelar upacara.

Meski kegiatan tersebut digelar di sungai dan terkesan seadanya, tapi tidak mengurangi rasa hormat dan kekhidmatan peserta upacara dalam melaksanakan rangkaian upacara.

6. Pengibaran Bendera di Akuarium Raksasa

Melansir dari Detikcom, seperti tahun lalu, Jakarta Aquarium & Safari (JAQS) tetap melakukan pengibaran bendera raksasa meskipun di tengah pandemi. Bedanya di tahun ini, para penyelam mengenakan kostum para pejuang.

Sementara itu bendera raksasa berhasil dikibarkan megah di bawah air seiring lagu Indonesia Raya oleh para penyelam pejuang dan puteri duyung (free divers) yang mengenakan kebaya dan berkonde. Mereka berseliweran dengan tarian pejuang diiringi lagu Maju Tak Gentar.

Melansir dari Okezone.com, hal serupa juga terjadi di Bali. Dalam menyambut ke-76 Republik Indonesia (RI), restoran di kawasan Nusa Dua, Bali, mempersembahkan atraksi unik, yaitu pembentangan bendera Merah-Putih yang dilakukan di dalam akuarium raksasa oleh divers berseragam paskibraka lengkap, Selasa (17/8/2021).

Atraksi yang berlangsung selama hampir 17 menit tersebut sekaligus untuk menanamkan rasa nasionalisme dan membangkitkan semangat perjuangan para pahlawan serta bentuk rasa cinta dan syukur terhadap Ibu Pertiwi.

7. Pengibaran Bendera di Puncak Gunung

Melansir dari Ciremaitoday.com, momentum HUT ke-76 RI dimanfaatkan para pegiat lingkungan khususnya pemanjat tebing di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, untuk mengibarkan bendera merah putih berukuran besar di beberapa titik. Salah satunya yakni bendera merah putih raksasa sukses berkibar di puncak Gunung Ciremai.

Tak hanya di puncak Gunung Ciremai, bendera berukuran besar juga berhasil dikibarkan di ketinggian tebing Curug Ngelay Bagawat Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan. Berbeda dengan tahun sebelumnya, bendera yang sama berukuran 10x7 meter hanya dikibarkan di atas pohon setinggi 12 meter.

8. Pengibaran Bendera di Dalam Gua

Melansir dari Tribunnews, pengelola tempat wisata Goa Lawa Purbalingga (Golaga) menggelar upacara pengibaran bendera Merah Putih di dalam gua, Selasa (17/8/2021). Upacara memperingati HUT Ke-76 Republik Indonesia itu diikuti sejumlah pegiat wisata setempat.

Suasana upacara pun terlihat unik dan artistik. Mereka memanfaatkan pencahayaan dari lubang gua, serta sedikit cahaya lampu.

Hal serupa juga terjadi di Aceh, Melansir dari Serambinews.com, dalam rangka memeriahkan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Tim Karst Aceh melakukan ekspedisi pengibaran bendera merah putih di gua Aceh Tamiang pada, Senin (16/8/2021).

Dalam ekspedisi ini, tim juga melakukan delineasi kawasan karst Kaloy yang berada dalam bentang alam Aceh Tamiang. 

Kegiatan ini bertujuan menanamkan jiwa nasionalisme serta kebanggaan terhadap negara kesatuan RI yang memiliki berbagai suku, pulau, dan pontensi alam.

9. Pengibaran Bendera di Atas Laut

Jika tadi di bawah permukaan laut, kali ini pengibaran bendera dilakukan di atas laut. Melansir dari Sonara.id, upacara tematik digelar di atas laut, tepatnya di depan anjungan pantai losari Makassar, Selasa (17/8/2021). Teknisnya, sebanyak 76 petugas terlatih dari TNI dan Polri membentuk formasi berbentuk segitiga di atas perahu milik nelayan.

Kemudian dibentangkan bendera merah putih dengan panjang seribu meter. Lantunan lagu kemerdekaan ikut mengiringi. Tamu yang hadir mengambil posisi sempurna. Berada di tengah, berlabuh kapal pinisi.

Upacara tersebut bertujuan membangkitkan semangat kemerdekaan. Terutama dalam melawan pandemi covid yang sudah berlangsung dalam beberapa tahun terakhir.

10. Pengibaran Bendera di Atas Hotel

Dikutip dari Solotrust.com, Best Western Premier Hotel Solo Baru memilih cara yang unik dalam memperingati HUT RI ke-76 yang bertema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” yakni dengan mengibarkan Bendera Merah Putih berukuran besar di rooftop gedung hotel.

Pengibaran Sang Saka Merah Putih yang berada di ketinggian 100 mdpl menjadikan hotel ini sebagai satu-satunya yang mengibarkan bendera tertinggi se-Soloraya.

Pengibaran bendera tertinggi ini, sebagai salah satu upaya untuk membangun dan menanamkan semangat nasionalisme ditengah pandemi Covid-19.

11. Pengibaran Bendera di Pantai Berlumpur

Melansir dari laman Kumparan, dalam rangka memperingati HUT Ke 76 Republik Indonesia, Mempawah Mangrove Conversations (MMC) juga turut menggelar upacara pengibaran bendera Merah Putih. Uniknya, upacara digelar di pesisir pantai berlumpur, di kawasan wisata Mempawah Mangrove Park, Desa Pasir Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Selasa, 17 Agustus 2021.

Meskipun harus mengarungi lumpur, tampak peserta upacara bersemangat, dan upacara tetap berlangsung khidmat. Ketua MMC, Raja Fajar Azansyah, mengatakan, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penanaman 1.000 lebih pohon mangrove.

Kegiatan ini juga dinilai sebagai komitmen penggiat mangrove untuk melindungi pesisir pantai Desa Pasir dari ancaman abrasi.

12. Pengibaran Bendera di di Lautan Sampah 

Melansir dari Beritacikarang.com, Hal unik juga terjadi di Kabupaten Bekasi, Pegawai Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi melaksanakan detik proklamasi di lautan sampah, tepatnya di Kali Jambe yang berada di Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan.

Lokasi ini dinilai cocok menjadi tempat pengibaran bendera Merah Putih dengan alasan kebersihan merupakan salah satu buah dari kemerdekaan. Apalagi lokasi persis samping Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Ditemani sejumlah warga, suasana upacara pun berlangsung sederhana. Sang Merah Putih dikibarkan di sebuah tiang bambu. Para peserta kebanyakan tidak menggunakan seragam upacara, melainkan hanya pakaian kucel dengan topi caping di kepala.

14. Pengibaran Bendera di Atas Bukit

Melansir dari laman berita iNews.com, sejumlah anggota Banser satuan koordinator cabang (Satkorcab) NU Blora mengibarkan bendera raksasa di Bukit Mangir, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Selasa (17/8/2021).  Pengibaran bendera berukuran 10x6 meter dalam rangka memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Aksi tersebut sebagai wujud semangat kebangsaan atau patriotisme warga negara Republik Indonesia di masa pandemi Covid-19. Selain itu juga untuk mengenang jasa para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Bangsa Indonesia.

14. Pengibaran Bendera di Perbatasan Negara

Melansir dari laman berita Antara, Prajurit TNI-AL Lanal Tanjungbalai Asahan (TBA) mengibarkan bendera Merah Putih di tower navigasi Pulau Jemur, perbatasan Indonesia dengan Malaysia dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-76 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021.

Bendera berkibar melingkari tower navigasi dengan ketinggian 20 meter yang berdiri di puncak Pulau Jemur, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

Tidak hanya itu, hal serupa juga terjadi di Perairan Muara Besar, Desa Sekaduyun Taka, Kecamatan Sei Menggaris, Kabupaten Nunukan, Selasa (17/8/2021), pukul 08.00 WITA.

Merah Putih di ujung negeri dibentangkan menyambut semarak Kemerdekaan Negara RI di perbatasan RI-Malaysia.

Itulah tadi tempat-tempat unik pengibaran Bendera Merah Putih. Hal tersebut menjadi bukti bahwa Sang Merah Putih tetap eksis di manapun berada bahkan di situasi pandemi seperti sekarang ini.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak