alexametrics

Sejumlah Pertandingan Liga Spanyol Ditunda karena Kualifikasi Piala Dunia

Afsal Muhammad
Sejumlah Pertandingan Liga Spanyol Ditunda karena Kualifikasi Piala Dunia
Penyerang Barcelona, Ousmane Dembele (tengah) merayakan gol kemenangan bersama rekan-rekannya saat menghadapi Real Valladolid dalam laga pekan ke-29 Liga Spanyol (Barcelona vs Valladolid) di Camp Nou, Selasa (6/4/2021) dini hari WIB. [Pau BARRENA / AFP].

Otoritas olahraga utama Spanyol menerima permintaan Liga Spanyol untuk menunda sepasang pertandingan akhir pekan ini, yang melibatkan tim dengan pemain yang bertugas internasional dengan negara-negara Amerika Selatan, Rabu (8/9/2021).

Pertandingan antara Barcelona vs Sevilla dan Villarreal vs Alavés, yang semula dijadwalkan pada Sabtu (11/9/2021), akan dimainkan di kemudian hari. 

Dikutip dari APNews, federasi sepak bola Spanyol telah menolak permintaan liga. Akan tetapi, dewan olahraga Spanyol memutuskan mendukung banding liga untuk menunda pertandingan. Putusan itu datang dalam bentuk tindakan pencegahan yang masih bisa diajukan banding oleh federasi, yang menegaskan kembali ketidaksetujuannya.

Federasi menyebut penundaan itu menciptakan preseden berbahaya bagi olahraga internasiona,  karena ini akan menjadi pertama kalinya liga domestik menangguhkan pertandingan akibat para pemain dipanggil oleh tim nasional mereka.

Dikatakan dalam sebuah pernyataan bahwa keputusan dewan itu benar-benar ilegal dan baik FIFA maupun UEFA mendukung sikap federasi. Liga Spanyol kemudian mengatakan tidak mengetahui bahwa kedua entitas sepak bola telah menyatakan dukungan apapun untuk federasi.

Liga telah mencoba untuk menahan pemain yang pergi ke Amerika Selatan dari kualifikasi Piala Dunia, karena pemain akan kembali terlalu dekat dengan dimulainya kembali pertandingan di Spanyol. Tetapi Pengadilan Arbitrase untuk olahraga memutuskan menentang keluhan liga dan para pemain diizinkan untuk bergabung dengan tim nasional mereka.

FIFA memperpanjang jendela internasional untuk memungkinkan tim Amerika Selatan memainkan kualifikasi Piala Dunia ketiga kurang dari dua hari sebelum liga domestik akan dilanjutkan di Eropa.

Liga Spanyol telah menjadwal ulang beberapa pertandingan dari Sabtu hingga Minggu, untuk memberi para pemain lebih banyak waktu beristirahat. Termasuk pertandingan kandang Real Madrid melawan Celta Vigo, yang akan menandai kembalinya Madrid ke Stadion Santiago Bernabéu.

Madrid telah bermain di pusat pelatihannya saat Bernabéu menjalani renovasi selama pandemi virus corona. Bernabéu akan tetap dalam renovasi tetapi akan dibuka kembali dengan jumlah penggemar yang diizinkan kembali ke tribun.

Pertandingan antara Sevilla vs Barcelona dan Villarreal vs Alavés tidak dapat dipindahkan ke hari Minggu, karena Barcelona dan Villarreal memulai kampanye mereka di Liga Champions pada hari Selasa. Barcelona menjamu Bayern Munich di Grup E, sementara Villarreal menjamu Atalanta di Grup F.

Liga Spanyol menawarkan penerbangan carter klub untuk pemain yang terkena dampak, sehingga mereka dapat kembali ke Spanyol sesegera mungkin setelah bermain untuk negara mereka.

Federasi Spanyol yang kerap berselisih dengan liga, menolak permintaan penundaan pertandingan karena tidak menganggap absennya beberapa pemain menjadi alasan yang cukup baik untuk mengubah jadwal.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak