alexametrics

Rhyan Grant Bawa Australia ke Kualifikasi Piala Dunia 2022

Afsal Muhammad
Rhyan Grant Bawa Australia ke Kualifikasi Piala Dunia 2022
Rhyan Grant. (Instagram/ausolympicteam)

Australia telah menghasilkan sejumlah pemain yang lebih berprestasi daripada Rhyan Grant. Akan tetapi hanya sedikit yang melakukan banyak hal untuk sepak bola di negara ini, daripada bek tangguh dari pedesaan New South Wales tersebut.

Rhyan Grant membuat kontribusi besar lainnya pada Selasa (7/9/2021), dengan mencetak gol internasional pertamanya dalam kemenangan 1-0 Soceroos atas Vietnam dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 di Hanoi.

Sundulan back-post Grant memastikan Australia memperpanjang kemenangan beruntun mereka menjadi 10 dalam kampanye kualifikasi saat ini, dan menempatkan mereka di puncak grup B Asia.

Bek kanan berusia 30 tahun itu adalah satu-satunya pemain yang berbasis di Australia dalam skuad Graham Arnold untuk fase saat ini. Sementara 26 lainnya berasal dari liga yang membentang dari Skotlandia hingga Jepang.

Dengan Australia tidak dapat menjadi tuan rumah kualifikasi Piala Dunia karena karantina Covid-19 yang ketat, bergabung dengan Socceroos berarti pengorbanan besar bagi Rhyan Grant, yang mungkin akan menghabiskan dua bulan jauh dari rumah.

"Saya sangat berterima kasih untuk Rhyan sendiri. Satu-satunya pemain A-League yang mengangkat tangannya untuk datang dan dia sangat bangga bermain untuk negara. Dia akan melakukan apa saja untuk bermain untuk negara,"  kata Arnold dikutip SuperSport, Rabu (8/9/2021).

Tidak seperti rekan satu timnya yang mengejar kontrak lebih kaya di tim besar di luar negeri, Rhyan Grant tetap dekat dengan rumah sepanjang kariernya. Ia mengumpulkan lebih dari 200 penampilan untuk juara A-League lima kali Sydney FC.

Itu telah membuatnya menjadi pahlawan kultus di sepak bola Australia, sambil membual sedikit profil di tempat lain.

Australia tidak akan memainkan pertandingan kualifikasi berikutnya sampai 7 Oktober melawan Oman dan kemudian 12 Oktober saat bertandang ke Jepang. Akan tetapi Rhyan Grant akan terus tinggal di luar negeri selama A-League di luar musim.

Sementara rekan satu timnya kembali ke klub masing-masing, ia akan kembali ke Timur Tengah di mana perjalanannya dimulai minggu lalu, dengan kemenangan atas China di Doha.

Rhyan Grant akan berlatih sendiri dalam program khusus yang diselenggarakan oleh staf Socceroos dan Sydney FC.

Pulang ke rumah berarti kehilangan kebugaran saat terjebak di kamar di hotel karantina selama dua minggu di bawah protokol kesehatan Australia yang sangat ketat.

"Ini adalah perputaran yang cukup cepat di antara jendela-jendela ini, jadi saya pikir, saya punya waktu, tiga minggu untuk tetap fit dan terus berlatih," katanya.

"Menantikan untuk mengubahnya dan bertualang dan melihat apa yang terjadi," tutup dia.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak