alexametrics

Deretan Rekor Liga Champions yang Masih Jadi Milik Cristiano Ronaldo hingga Sekarang

M Fuad Shulkhan Tsania
Deretan Rekor Liga Champions yang Masih Jadi Milik Cristiano Ronaldo hingga Sekarang
Gestur penyerang Manchester United, Cristiano Ronaldo pada laga Liga Champions kontra Young Boys di Bern, Swiss, Rabu (15/9/2021) dini hari WIB. [SEBASTIEN BOZON / AFP]

Pertandingan matchday pertama Liga Champions Eropa grup F yang mempertemukan antara wakil Inggris, Manchester United, melawan wakil Swiss BSC Young Boys memang berakhir dengan kekalahan untuk Setan Merah.

Bermain di kandang lawan, Cristiano Ronaldo dan kolega harus mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor ketat 1-2. Meski unggul terlebih dahulu di menit ke-13 melalui sepakan megabintang mereka, Cristiano Ronaldo, namun tuan rumah pada akhirnya mampu membalikkan keadaan melalui gol yang diciptakan oleh Moumi Ngamaleu pada menit ke-66, dan Jordan Siebatcheu pada menit 90+5.

Hasil ini tentu membuat kecewa kubu Iblis Merah. Namun, mengiring kekalahan tersebut, ternyata laga debut kembalinya Ronaldo di Liga Champions bersama dengan Manchester United dihiasi dengan pecahnya rekor individu sang pemain.

Laga melawan BSC Young Boys tersebut merupakan laga ke-177 sang pemain di Liga Champions, sebuah capaian jumlah laga yang menyamai milik kiper legenda hidup Real Madrid, Iker Casillas.

Selain rekor menyamai capaian Casillas dalam jumlah laga di Liga Champions, Cristiano Ronaldo juga masih memiliki catatan rekor lainnya di ajang Liga Champions. Ronaldo tercatat sebagai pemain tersubur di ajang klub paling prestisius tersebut, dengan torehan 135 gol.

Ekspresi megabintang Manchester United, Cristiano Ronaldo usai mencetak gol dalam laga Liga Inggris kontra Newcastle United di Old Trafford, Manchester, Sabtu (11/9/2021) malam WIB. [OLI SCARFF / AFP]
Ekspresi megabintang Manchester United, Cristiano Ronaldo usai mencetak gol dalam laga Liga Inggris kontra Newcastle United di Old Trafford, Manchester, Sabtu (11/9/2021) malam WIB. [OLI SCARFF / AFP]

Selain itu, Cristiano Ronaldo juga setidaknya masih memegang 8 rekor lainnya di ajang tersebut. Sampai pertandingan pertama Liga Champions musim ini, Ronaldo masih tercatat sebagai pemain yang mencetak gol terbanyak dalam satu musim liga Champions, yakni sebanyak 17 gol di musim 2013/2014.

Rekor selanjutnya yang melekat pada diri Cristiano Ronaldo adalah pencetak gol terbanyak di fase knock out (fase gugur) dengan 67 gol, disarangkan sang pemain ke jala gawang lawan.

Selanjutnya, Cristiano Ronaldo juga tercatat sebagai pemilik rekor pencetak gol dari titik penalti terbanyak di Liga Champions (19 gol), pemain yang memenangkan laga final terbanyak dengan 5 titel juara, dan menjadi satu-satunya pemain yang mampu mencetak gol dalam 3 pertandingan final Liga Champions.

Rekor selanjutnya dari mega bintang asal Portugal tersebut adalah tercatat sebagai satu-satunya pemain yang mampu mencetak gol dalam di seluruh 6 laga fase grup, yakni di musim 2017-2018 kala Real Madrid berada satu grup dengan APOEL Tel Aviv, Tottenham Hotspur dan Borussia Dortmund.

Rekor Cristiano Ronaldo selanjutnya adalah tercatat sebagai satu-satunya pemain yang mencetak gol dalam 11 laga beruntun Liga Champions, dan juga menjadi satu-satunya pemain yang mencetak 10 gol ke gawang satu klub lawan, yakni Juventus.

Wah, dengan banyaknya rekor yang ditorehkan oleh Ronaldo, sepertinya kita akan sangat kehilangan jika suatu saat nanti sang pemain sudah pensiun.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak