alexametrics

Ranking FIFA Terbaru: Indonesia Turun Lagi, Iran Geser Jepang di Peringkat 1 Asia

M Fuad Shulkhan Tsania
Ranking FIFA Terbaru: Indonesia Turun Lagi, Iran Geser Jepang di Peringkat 1 Asia
Pemain Iran rayakan kemenangan atas Maroko di pertandingan Grup B Piala Dunia 2018, Jum'at (15/6/2018) [AFP]

Ranking sepak bola pria Timnas Indonesia kembali mengalami penurunan menurut rilisan peringkat terbaru induk sepakbola dunia, FIFA. Dalam pengumuman resminya di laman FIFA, skuat Merah Putih harus turun 1 peringkat ke urutan ke-175 dunia pada bulan September ini.

Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, yakni Agustus 2021 lalu, peringkat Indonesia turun satu strip dengan total poin 957,05. Poinnya sama dengan jumlah yang dimiliki oleh Indonesia di bulan sebelumnya. 

Sementara itu, raksasa sepak bola Asia asal Timur Tengah, Iran, berhasil menjadi tim dengan peringkat terbaik di Asia. Menurut rilisan terbaru peringkat FIFA, dalam grafik terbaru yang dirilis oleh induk sepak bola dunia tersebut, Iran saat ini menempati posisi ke-22 dunia.

Iran mengalami kenaikan 4 strip dari peringkat sebelumnya di posisi ke-26 pada bulan Agustus lalu. Dengan tambahan 16,04 poin, Iran yang kini memiliki koefisien nilai 1.588,08 menggeser Jepang sebagai negara Asia dengan peringkat FIFA terbaik.

Dalam rilisan yang sama, Jepang kini menghuni peringkat ke-26 dunia dengan koefisien nilai sebesar 1.520,46 atau turun sebesar 8,99 poin. 

Kenaikan peringkat yang dialami oleh Iran ini tak lepas dari hasil positif yang mereka raih di ajang kualifikasi Piala Asia Zona Asia pada awal September. Dari dua laga yang telah dijalani, Iran mampu memetik dua kali kemenangan, masing-masing dengan skor 1-0 saat melawan Suriah, dan 3-0 saat melawan musuh bebuyutan mereka, Iraq.

Sementara Jepang mengalami penurunan peringkat pada rilisan FIFA bulan September ini, hanya mampu meraih 1 kemenangan dari 2 laga yang dihadapi. Dalam catatan induk sepakbola Asia, AFC, dalam 2 laga yang telah dijalani, tim Samurai Biru mampu menang 1-0 atas China, namun harus menelan kekalahan 0-1 ketika bersua dengan Oman di kandang mereka sendiri.

Sementara bagi Indonesia, kemungkinan untuk memperbaiki peringkat FIFA masih belum bisa dilakukan. Pasalnya, selain belum memprogramkan uji coba dalam pertandingan resmi FIFA pada waktu-waktu dekat ini, Indonesia juga tengah berfokus menyeleksi skuat untuk gelaran kompetisi kelompok umur yang belum terafiliasi dengan FIFA, serta untuk gelaran Piala AFF 2021 mendatang.

Kira-kira, kapan ya peringkat Indonesia bisa naik lagi?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak