alexametrics

Gol Menit Akhir Selamatkan Barcelona dari Kekalahan Memalukan di Kandang Sendiri

M Fuad Shulkhan Tsania
Gol Menit Akhir Selamatkan Barcelona dari Kekalahan Memalukan di Kandang Sendiri
Gelandang Granada, Maxime Gonalons (kiri) berduel dengan gelandang Barcelona, Gavi, dalam matchday kelima Liga Spanyol 2021/2022 di Camp Nou, Selasa (21/9/2021) dini hari WIB. LLUIS GENE / AFP.

Raksasa La Liga Spanyol, Barcelona, tampaknya belum benar-benar menemukan permainan terbaiknya, pasca ditinggal oleh sang megabintang mereka, Lionel Messi ke Paris Saint Germain.

Pada lanjutan La Liga Spanyol meladeni tantangan tim semenjana Granada di markas mereka, Camp Nou, Sergio Busquets dan kawan-kawan hanya mampu meraup satu poin dengan susah payah dan penuh perjuangan.

Pasalnya, meski tercatat mampu mendominasi permainan pengan penguasaan bola mencapai 77% berbanding 23% milik Granada, dan mencatatkan tembakan sebanyak 17 kali dibandingkan dengan 5 tendangan milik sang lawan, La Blaugrana pada akhirnya hanya mampu mencetak satu gol. Ia dipaksa berbagi poin dengan sang lawan.

Ironisnya lagi, gol yang dilesakkan oleh Barcelona tersebut terjadi melalui perjuangan panjang, dan tercipta pada menit-menit akhir pertandingan.Pada laga yang dihelat di depan publik mereka sendiri itu, Barcelona langsung tertinggal dari sang lawan ketika pertandingan baru genap memasuki menit kedua.

Adalah bek Granada berkebangsaan Portugal, Domingos Duarte yang mengejutkan tuan rumah melalui gol cepat yang dilesakkannya ke gawang Ter Stegen. Memanfaatkan umpan silang dari sisi kanan pertahanan tuan rumah, Duarte menanduk bola dengan keras, menghunjam jala gawang tuan rumah.

Pasca kebobolan, Barcelona langsung mengurung pertahanan lawan dan menciptakan berbagai peluang, meski tak mampu mengkonversinya menjadi gol. Sementara Granada, memainkan pola permainan bertahan dan sesekali mengandalkan serangan balik menunggu kelengahan Barcelona.

Usaha tuan rumah pada akhirnya menuai hasil pada saat pertandingan hampir menemui ujungnya. Di menit ke-89, pemain bertahan asal Uruguay, Ronald Araujo, akhirnya menjadi penyelamat bagi Barcelona dengan gol balasan yang diceploskannya.

Memanfaatkan umpan silang pemain pengganti, Gavi yang masuk di menit ke-60, tandukan pemain yang berposisi sebagai center back tersebut mengoyak jala gawang Granada, dan menyelamatkan tuan rumah dari kekalahan memalukan di kandang mereka sendiri.

Dengan hanya mampu menambah koleksi satu poin di laga kali ini, Barcelona masih harus tertahan di peringkat ke 7 klasemen sementara La Liga. Philippe Coutinho dan kolega baru mampu meraup 8 poin dari 8 laga yang dilakoninya, dan terpaut 5 poin dari pemuncak klasemen sementara, Real Madrid, yang telah mengoleksi 13 poin dari 5 laga yang telah dijalani.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak