alexametrics

Dimulai 9 Desember, Berikut Jadwal Laga Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

M Fuad Shulkhan Tsania
Dimulai 9 Desember, Berikut Jadwal Laga Timnas Indonesia di Piala AFF 2020
Pesepak bola Timnas Indonesia Evan Dimas (ketiga kiri) melakukan selebrasi dengan rekan-rekannya usai membobol gawang Timnas Thailand dalam pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (3/6/2021) ANTARA FOTO/Humas PSSI/handout/APP/hp. [HUMAS PSSI/HUMAS PSSI]

Selepas melalui proses pembagian grup gelaran Piala AFF 2020, federasi sepak bola Asia Tenggara, AFF, kini merilis jadwal tanding para kontestan. Seperti yang telah diketahui bersama, dari 10 negara yang akan berpartisipasi pada gelaran, telah diundi dan terbagi menjadi dua grup.

Disadur dari laman resmi federasi, aseanfootball, grup A akan dihuni oleh tim Gajah Perang Thailand sebagai unggulan utama, disusul dengan Myanmar, Filipina, Singapura dan satu tim pemenang babak play off yang akan diperebutkan  Timor Leste vs Brunei Darussalam. 

Sementara itu, skuat timnas Indonesia menempati grup B bersama dengan tim terbaik Asia Tenggara, Vietnam, Malaysia, Laos dan juga Kamboja. Dalam rilis resmi AFF, Indonesia akan memulai kampanye mereka di kompetisi sepak bola paling bergengsi di Kawasan Asia Tenggara ini pada tanggal 9 Desember 2021 mendatang.

Kamboja akan menjadi lawan perdana bagi anak asuh coach Shin Tae Yong itu. Selang 3 hari kemudian, tepatnya pada tanggal 12 Desember 2021, Indonesia akan kembali turun gelanggang dengan menghadapi Laos. 

Dua laga sisa yang dijalani Indonesia, tampaknya akan menjadi dual laga yang berat dan penuh tantangan. Bagaimana tidak, pada tanggal 15 Desember 2021, Indonesia akan memainkan pertandingan ketiga mereka di grup B ini dengan melawan tim terbaik Asia Tenggara, sekaligus unggulan utama di grup B, Vietnam.

Berselang empat hari kemudian, di tanggal 19 Desember 2021, giliran Malaysia yang akan dihadapi oleh skuat Merah Putih.

Selain merilis jadwal pertandingan bagi para kontestan, AFF juga menerbitkan informasi mengenai format turnamen yang akan digunakan pada Piala AFF edisi kali ini. Dalam penjelasannya, AFF akan kembali mempergunakan format yang dipakai pada edisi 2004 hingga 2016, di mana babak grup akan ditempatkan pada satu negara tuan rumah.

Sementara babak semi-final dan babak final gelaran akan dihelat dengan sistem dua kali laga tandang dan kandang. Jadwal semi-final sendiri direncanakan akan dihelat pada 22 dan 23 Desember 2021 (leg 1) dan 25-26 Desember 2021 untuk leg kedua.

Sementara itu, pertandingan babak final, akan dihelat para 29 Desember 2021 untuk leg pertama, dan diakhiri leg kedua pada tanggal 1 Januari 2021.

Jadwal pertandingan timnas Indonesia di Piala AFF 2021

  • Indonesia vs Kamboja: 9 Desember 2021
  • Indonesia vs Laos: 12 Desember 2021
  • Indonesia vs Vietnam: 15 Desember 2021
  • Indonesia vs Malaysia: 19 Desember 2021

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak