alexametrics

Tren Negatif Barcelona Belum Kelar, Gagal Menang Lawan Tim Semenjana

M Fuad Shulkhan Tsania
Tren Negatif Barcelona Belum Kelar, Gagal Menang Lawan Tim Semenjana
Ekspresi bek Gerard Pique usai Barcelona ditahan imbang 0-0 oleh Cadiz di laga lanjutan Liga Spanyol, Jumat (24/9/2021) dini hari WIB. (Foto: AFP)

Payung tren negatif yang melingkupi Barcelona tampaknya belum mau pergi. Kali ini terjadi pada laga pekan ke-enam gelaran La Liga melawan tim medioker, Cadiz CF.

Barcelona yang bertekad untuk memutuskan tren negatif dan memetik kemenangan untuk mengangkat moral bertanding skuat, diluar dugaan mampu ditahan imbang tanpa gol di laga yang berlangsung di kandang Cadiz, Estadio Nuevo Mirandilla.

Barcelona sendiri bukan tanpa usaha pada pertandingan tersebut. Berdasarkan catatan statistik laga, Blaugrana yang mengambil inisiatif penyerangan semenjak menit awal pertandingan, mencatatkan 68 persen penguasaan bola.

Tuan rumah yang memainkan sepakbola bertahan, hanya kebagian 32 persen saja penguasaan bola, hampir separuh dari catatan yang dimiliki tim tamu.

Meski demikian, dengan memainkan pola serangan balik, tuan rumah Cadiz justru tercatat memiliki peluang tembakan ke gawang yang lebih banyak daripada tim tamu, yakni 3 dibandingkan 2.

Hanya meraih satu poin di laga pekan keenam La Liga membuat Barcelona belum mampu memutus tren negatif yang dialami oleh Barcelona dalam 3 laga terakhir yang dijalaninya.

Selepas dihantam tiga gol tanpa balas oleh Bayern Munchen pada gelaran Liga Champions Eropa di Camp Nou pada 15 September 2021 lalu, Barca belum mampu meraih poin sempurna di dua laga selanjutnya.

Tercatat, Luuk de Jong dan kawan-kawan hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Granada di laga kandang, dan kini ditahan oleh Cadiz tanpa gol pada laga tandang.

Tambahan satu poin yang dihasilkan oleh Barcelona membuat mereka masih tertahan di peringkat 7 klasemen sementara La Liga dari 5 laga yang mereka jalani.

Tercatat, dari lima laga tersebut, mereka hanya mampu meraup 2 kemenangan (atas Real Sociedad dan Getafe), selebihnya mereka hanya mampu berbagi hasil imbang kala bersua dengan tim-tim semenjana seperti Athletic Bilbao, Granada dan Cadiz.

Hal ini berbanding terbalik dengan yang diraih oleh rival abadi mereka, Real Madrid. El Real yang mulai menampilkan permainan stabil, kini kokoh menguasai puncak klasemen sementara liga, dengan 16 poin dari 6 laga yang mereka jalani.

Terpaut 7 poin dan pemuncak klasemen, tentu Barcelona harus segera bangkit jika mereka masih ingin meramaikan persaingan perebutan gelar liga musim ini.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak