facebook

Indonesia Optimis Bisa Kalahkan Malaysia di Perempat Final Piala Sudirman 2021

Aditiya Pratama
Indonesia Optimis Bisa Kalahkan Malaysia di Perempat Final Piala Sudirman 2021
Dari kiri ke kanan: Anthony Sinisuka Ginting, Fajar Alfian, dan Marcus Fernaldi Gideon berlatih di Vantaa, Finlandia jelang Piala Sudirman 2021. [Dok. PBSI]

Indonesia akan bertemu Malaysia di perempat final Piala Sudirman 2021. Jelang pertemuan tersebut, tim Indonesia yakin bisa mengatasi perlawanan Malaysia dan lolos ke semifinal.

Laga Indonesia vs Malaysia akan tersaji di Energia Areena, Vantaa, Finlandia, Jumat, (1/10/2021) malam WIB. Duel ini diprediksi akan berjalan sengit karena keduanya sama-sama ingin mendulang prestasi di ajang ini.

Apabila menilik sejarah, Indonesia dan Malaysia baru 2 kali dipertemukan di Piala Sudirman. Dua kali pertemuan itu terjadi pada tahun 1999 dan 2011. Minimnya pertemuan antara kedua tim dikarenakan Malaysia jarang berpartisipasi di Piala Sudirman.

Dari segi prestasi juga mencatat Indonesia memiliki peluang yang lebih besar ketimbang Malaysia. Tim Bulu tangkis Indonesia sejak tahun pertama turnamen ini diselenggarakan, selalu lolos fase penyisihan grup. Sedangkan Malaysia baru tercatat 9 kali lolos.

Malaysia baru berpartisipasi setelah 10 tahun turnamen ini digelar tepatnya pada tahun 1999. Kemudian di tahun 2001, 2003, dan 2005 Malaysia gagal lolos dari fase grup. Terhitung Malaysia baru masuk jajaran tim elit dunia di tahun 2007 hingga sekarang.

Prestasi terbaik tim Bulu tangkis Malaysia adalah lolos ke semifinal pada tahun 2009. Sedangkan Indonesia prestasi terbaiknya di Piala Sudirman yakni menjadi juara pada tahun 1989 saat pertama kali ajang ini digelar. Selain menjadi juara, Indonesia juga tercatat menjadi juara ke-2 sebanyak 6 kali dan semifinalis sebanyak 7 kali.

Melihat skuad yang ada pada tim Bulutangkis Indonesia saat ini juga menjelaskan bahwa Indonesia masih lebih diunggulkan ketimbang Malaysia. Namun, ada satu kekurangan Indonesia hingga saat ini, yakni lemahnya sektor tunggal putri. Indonesia dirasa masih unggul dari Malaysia di empat sektor lain.

Pada pertemuan kali ini, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi, Rionny Mainaky, merasa optimis jika Indonesia mampu mengalahkan Malaysia dan lolos ke babak semifinal. Hal ini tak lepas dari Indonesia yang akan menampilkan kekuatan terbaiknya pada malam nanti.

"Saya yakin anak-anak bisa tampil maksimal dengan kekuatan kami. Di semua sektor, kami akan menampilkan kekuatan inti dan terkuat. Saya berharap semua pemain bisa main maksimal seperti kemarin saat melawan Denmark. Kami yakin, tetapi tidak boleh terlalu berlebihan. Saya punya keyakinan kami bisa mengatasi Malaysia." ucap Rionny Mainaky, disadur dari Kompas.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak