alexametrics

Fakta-fakta Menjelang Pertarungan Barcelona vs Valencia La Liga Pekan Ke-9

M Fuad S. T
Fakta-fakta Menjelang Pertarungan Barcelona vs Valencia La Liga Pekan Ke-9
Skuat Barcelona. (dok. bola.com)

La Blaugrana Barcelona akan kembali menghadapi pekan yang sulit di guliran La Liga Spanyol pekan kesembilan kali ini. Pasalnya, Memphis Depay dan kawan-kawan yang tengah mencari permainan dan performa terbaiknya, harus berjibaku dengan tim yang memiliki label “penjegal tim-tim mapan”, Valencia.

Meski memainkan laga di kandangnya sendiri, namun bukan berarti Barcelona akan mendapatkan kemenangan dengan mudah, karena sang lawan saat ini juga tengah mengusung spirit kebangkitan setelah pada empat laga terakhir gelaran La Liga Spanyol mereka hanya mampu mendulang dua poin hasil dari dua kali imbang dan dua kali kalah.

Sementara di kubu Barcelona, rentetan hasil negatif juga seolah masih menjadi harga mahal, baik di ajang Liga Champions Eropa maupun di gelaran La Liga. Di Eropa, pertandingan terakhir melawan Benfica harus berakhir dengan skor tiga gol tanpa balas, sementara di pentas la liga pekan ketujuh, Barcelona harus pasrah dihajar dua gol dari kampiun musim lalu, Atletico Madrid. Namun, terlepas dari background kedua kesebelasan yang sedang dalam tren hijau-merah (menang-kalah), laga menjelang Barcelona melawan Valencia dihiasi dengan beberapa fakta. Mari kita bahas bersama.

1. Kebangkitan pasca jeda internasional

Mungkin tak ada klub mapan La Liga yang lebih bersyukur dengan datangnya jeda internasional pada pekan lalu melebihi Barcelona. Pasalnya, di tengah kemerosotan performa yang tengah mereka alami, mendapatkan waktu evaluasi di jeda internasonal tentu sebuah keberkahan meski hanya singkat.

Pun demikian halnya dengan Valencia, sempat bermain apik di awal musim, performa Los Che langsung drop di empat laga terakhir yang mereka jalani. Sebuah hal yang juga memerlukan evaluasi menyeluruh agar tidak berlanjut hingga sisa musim. 

2. Valencia hanya tampil bagus di awal-awal kompetisi

Berdasarkan lansiran dari laman flashscore, Valencia mampu tampil apik di awal-awal guliran La Liga Spanyol. Dalam empat pertandingan awal, mereka mampu meraup 10 poin hasil dari tiga kemenangan dan sekali hasil imbang, namun sayangnya, di empat laga terakhir, Valencia justru mendapatkan hasil terbalik dengan hanya mengantongi dua poin saja. empat laga terakhir yang dijalani oleh Valencia, berakhir dengan dua kali kekalahan dan dua kali hasil imbang, sehingga membuat mereka tertahan untuk melaju ke papan atas klasemen.

3. Statistik pemain

Di kubu Barcelona, satu pemain yang ditunggu penampilannya adalah Memphis Depay yang mencatatkan 5 gol ketika berseragam Timnas Belanda. Sementara dari Valencia, Maxi Gomez akan menjadi sorotan karena bakal berhadapan dengan “musuh favoritnya” di la liga. Maxi Gomez tercatat mampu menjebol gawang Barcelona sebanyak enam kali dari delapan pertemuannya dengan Barcelona di pentas La Liga.

Kira-kira, akan menang mana ya setelah melihat statistik dalan latar belakang kedua kesebelasan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak