alexametrics

5 Klub Liga Inggris dengan Penguasaan Bola Tertinggi Musim 2021-22, Man City Terbaik

radiansyah radiansyah
5 Klub Liga Inggris dengan Penguasaan Bola Tertinggi Musim 2021-22, Man City Terbaik
Aksi Jack Grealish mencetak gol perdana di Manchester City. (ADRIAN DENNIS / AFP)

Bagian terbaik dari kompetisi Liga Premier adalah tidak pernah ada tim favorit yang jelas. Setiap tim akan memiliki kesempatan yang sama. Tim underdog di Liga Inggris juga bisa dibilang yang terkuat dibandingkan dengan liga-liga lainnya. Hal yang sama pula berlaku untuk alasan mengapa Liga Premier Inggris begitu banyak penggemar.

Musim 2021-2022 tidak berbeda dengan musim sebelumnya. Liga Inggris musim ini telah diwarnai dengan permainan-permainan gila sepanjang tahun ini. 

Dari persaingan yang kejam di papan tengah klasemen, hingga tim promosi yang memasang pertunjukan bintang, EPL pun tidak pernah meninggalkan kebutuhan akan persaingan yang terlewat.

Meskipun tidak akan selalu ada kemenangan, banyak tim yang dibuat kagum akan gaya permainan mereka terutama dalam penguasaan bola.

Menyadur dari Sportskeeda, berikut 5 klub teratas di Liga Premier Inggris dengan penguasaan bola tertinggi di musim 2021-2022.

1. Brighton - 57, 2%

Brighton hingga sejauh ini bukan hanya keberuntungan saja. Namun, setelah menjalani delapan pertandingan, Seagull telah menunjukkan performa yang meyakinkan pada level konsisten. Mereka saat ini berada di posisi ke-4 klasemen sementara Liga Premier.

Graham Potter dan anak asuhnya telah melawan beberapa tim terberat di liga. Seperti mereka telah mengalahkan Leicester City dengan skor 2-1.

Setelah mereka hanya kalah satu kali saat melawan Everton, Brighton belum pernah menghadapi tim "Big Six", kecuali saat menghadapi Arsenal, di mana mereka bermain dengan hasil imbang 0-0.

Mekipun begitu, Everton perlu untuk memiliki beberapa pemain yang menonjol seperti pada Neal Maupay, itu sebagian besar merupakan kinerja serba dari Brighton. The Seagull telah membanggakan dengan penguasaan bolanya dengan rata-rata 57,2 persen.

Ironis, Brighton hanya memenangkan pertandingan di mana mereka hanya menguasai bola paling sedikit yaitu saat mengalahkan Leicester. Mereka punya penguasaan bola sebesar 37 persen dan justru menguasai bola paling banyak saat kalah dari Everton dengan persentase 66 persen.

2. Leeds United - 58,5%

Leeds United telah berlama-lama berada di zona degradasi untuk beberapa waktu sekarang. Mereka saat ini berada di posisi ke-17 klasemen sementara Liga Premier. 

Mereka hanya berhasil memenangkan satu pertandingan hingga saat ini, kalah sebanyak empat kali dan seri tiga kali.

Meskipun tidak mendapatkan hasil yang diinginkan, Leeds berhasil mempertahankan penguasaan bola untuk sebagian besar pertandingan yang telah dijalani.

The Peacocks telah berhasil mempertahankan penguasaan bola sebesar 58,5 persen secara keseluruhan. Ini berarti tim harus dapat bekerja lebih keras lagi untuk mendapatkan bola lebih banyak dan dapat mencetak gol.

Leeds mengawali musim ini dengan buruk setelah mereka kalah 1-5 dari Manchester United. Namun, anehnya mereka mengakhiri pertandingan dengan penguasaan bola sebesr 52%.

Maecelo Bielsa dan anak buahnya perlu melakukan yang terbaik untuk lolos dari zona degradasi. Mari kita lihat apakah mereka dapat meniru kecermelangan mereka dalam penguasaan bola mereka dalam menemukan hasil terbaik.

3. Manchester United - 59,5%

Manchester United adalah tim yang paling diperhatikan pada musim ini. Setelah mereka kehilangan bintang mereka pada musim sebelumnya, lalu Setan Merah memasuki musim terbaru Liga Premier dengan beberapa kekuatan baru pada skuadnya.

Dengan penandatanganan Jadon Sancho, Raphael Varane dan Cristiano Ronaldo selama jendela transfer musim panas mendorong klub untuk tampil percaya diri. Namun, setelah dapat mencatatkan awal yang kuat untuk Liga Premier musim ini, pasukan Ole terlihat berjuang dengan performa mereka saat ini. Mereka kini telah kalah dua kali dari tiga pertandingan terakhir.

United saat ini berada di urutan keenam klasemen sementara Liga Premier dan mereka sedang menghadapi masalah cedera. Di tengah kemungkinan, Setan Merah memiliki sesuatu yang patut dibanggakan, yaitu kecermelangan mereka dalam mendominasi penguasaan bola. Manchester United memiliki rata-rata penguasaan bola sebesar 59,5%.

Dengan Cristiano Ronaldo, seorang penyelesai akhir yang mematikan, di lini depan, Ole Gunnar pun dapat dengan tenang melatih timnya. Klub ini pun mendapat dukungan yang besar dari para pendukungan dan dikenal dengan semangat perlawanan mereka.

4. Liverpool - 61.1%

The Reds tampaknya siap untuk mendapatkan kembali semua gelar mereka. Tim asuhan Jurgen Klopp tampaknya terlihat haus akan gol dan hal yang sama juga terlihat dalam penampilan mereka. Liverpool kini menjadi satu-satunya tim yang belum pernah merasakan kekalahan pada musim ini.

Dengan mempertimbangkan performa dari Mohamed Salah bersama rekan setimnya, akan menjadi tugas yang besar bagi tim manapun untuk dapat mengalahkan Liverpool. Jurgen Klopp adalah juru taktik dan metodenya telah terbukti. Mantan manajer Dortmund tersebut telah mengerahkan seluruh pemainya selama serangan dan dengan demikian dapat mempertahankan tekanan.

Liverpool nyaris tidak pernah kehilangan bola dan mereka konsisten dalam mempertahankan penguasaan bola yaitu sekitar 61,1% sejauh ini.

5. Manchester City - 64,6%

Manchester City nyaris tidak pernah melakukan kesalahan dan mereka telah melakukan ini selama beberapa waktu terakhir. Setelah dapat mendominasi Liga Premier selama satu dekade, The Sky Blues akan semakin kuat.

Dengan skuad yang tak tertandingi, Manchester City akan menetapkan patokan yang hampir sama bagusnya di setiap bagian untuk dapat diikuti oleh tim lain. Dengan penguasaan bola 64,6%, Cityzens adalah salah satu tim terbaik di Liga Inggris dalam hal penguasaan bola.

Pep Guardiola pun telah menerapkan gaya sepak bola tiki-taka di Etihad. Dengan jumlah talenta individu yang ditempatkan di Manchester City, akan semakin suli bagi lawan untuk dapat merebutnya.

Itulah klub liga Inggris dengan penguasaan bola terbaik sejauh ini. Ada tim favoritmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak