facebook

5 Alasan Mengapa Penting Mempelajari Bahasa Tubuh, Bisa Mencerminkan Kepribadian!

Nanik Writer
5 Alasan Mengapa Penting Mempelajari Bahasa Tubuh, Bisa Mencerminkan Kepribadian!
Ilustrasi Bahasa Tubuh (Pixabay.com/JonathanAlfarezF)

Bahasa tubuh bukanlah sebuah ilmu pasti dan dapat dikatakan sebagai cerminan kepribadian kamu. Hal ini karena bahasa tubuh biasanya lebih jujur dan sangat berpengaruh. Dengan mempelajari ilmu bahasa tubuh, maka kamu dapat mengontrol perilaku maupun tindakan-tindakan yang mungkin saja dapat membahayakan dirimu sediri.

Namun, belakangan tak banyak orang memahami dengan benar tentang bahasa tubuh sehingga muncullah asumsi-asumsi terkait penafsiran bahasa tubuh. Adanya tafsiran yang salah kaprah inilah akhirnya kita terbiasa mengonsumsi kepercayaan-kepercayaan yang bisa saja malah merugikan diri sendiri.

Oleh karena itu, kamu harus mulai mempelajari bahasa tubuh melalui sumber terpercaya, seperti hasil penelitian atau buku-buku yang ditulis oleh pakar profesional. Namun, sebelum itu kamu juga perlu tahu apa saja alasan pentingnya kamu mempelajari bahasa tubuh. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Bahasa tubuh sebagai sinyal alam bawah sadar

Gerak tubuh yang kamu munculkan saat sedang berinteraksi menunjukkan apa yang alam bawah sadarmu ingin sampaikan. Sehingga kamu akan memunculkan ribuan sinyal yang dapat merangsang banyak banyak penafsiran dan makna di balik gerakan atau bahasa tubuh yang kamu ciptakan.

2. Kamu mungkin tidak menyadari isyarat tubuhmu sendiri

Saat kamu memunculkan gerakan atau bahasa tubuh, bisa jadi kamu tidak menyadari apa arti di balik gerakan yang kamu buat. Hal ini tentunya sangat merugikan dirimu. Oleh karena itu, kamu perlu mempelajari bahasa tubuh agar tidak salah dalam bertindak.

3. Orang lain akan menafsirkan bahasa tubuhmu

Orang lain akan menafsirkan setiap gerakan tubuh yang kamu lakukan ketika berinteraksi dengan mereka. Mungkin penilaian orang lain tidaklah penting bagimu, tetapi kamu perlu untuk mengontrol isyarat bahasa tubuhmu sendiri di beberapa situasi.

Misalnya ketika sedang menghadiri pertemuan penting dimana terdapat aturan-aturan atau etika tertentu yang harus kamu patuhi. Alih-alih melakukan kesalahan, sebaiknya kau perlu menyesuaikan diri dengan etika yang berlaku di pertemuan penting itu.

4. Bahasa tubuh membantumu dalam berkomunikasi

Dengan memahami bahasa tubuh orang lain, kamu dapat dengan mudah menangkap maksud dari isyarat yang orang lain berikan. Hal ini akan sangat menguntungkan kamu apalagi ketika kamu bertemu dengan orang lain dalam acara bussines atau sejenisnya.

5. Bahasa tubuh sebagai kemampuan dasar manusia

Bahasa tubuh sudah ada sejak kamu lahir ke bumi sebagai isyarat pertama sebelum tangisan. Dengan mempelajari bahasa tubuh, artinya kamu telah melatih kemampuan dasar manusia dalam berkomunikasi.

Itulah lima alasan mengapa kamu harus mempelajari bahasa tubuh. Semoga artikel ini membantu, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak