facebook

Sudah Siap? Ini Kriteria dan Syarat Penerima Vaksin Booster

Filsa Brilliant
Sudah Siap? Ini Kriteria dan Syarat Penerima Vaksin Booster
Ilustrasi vaksin Covid-19 [Foto: Antara]

Pemerintah Indonesia kali ini mencanangkan program vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau vaksin booster yang dimulai pada 12 Januari 2022 mendatang. Terdapat sejumlah kriteria dan persyaratan penerima vaksin booster ini.

"Update program vaksinasi booster sudah diputuskan oleh Bapak Presiden akan jalan 12 Januari," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (3/1/2021).

Vaksin booster merupakan suntikan dosis tambahan vaksin untuk memperkuat antibodi yang sudah terbentuk di dalam tubuh. Vaksin ini diberikan kepada orang yang sudah mendapatkan dua dosis vaksin Covid-19 sebelumnya. 

Budi juga mengatakan bahwa Indonesia membutuhkan setidaknya 230 juta dosis vaksin untuk yang booster ini. Pihaknya juga telah menyiapkan stok sebanyak 113 juta dosis. Vaksin booster ini nantinya akan disebar ke 244 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Vaksin akan diberikan kepada masyarakat umum yang tentunya sudah memenuhi kriteria dan persyaratan sebagai penerima. 

Pada bulan Januari ini, Budi menyebut bahwa terdapat  21 juta orang yang sudah masuk sasaran sebagai penerima vaksin booster.  Berikut adalah kriteria dan syarat penerima vaksin booster:

  1. Berusia 18 tahun ke atas
  2. Berdomisili di Kabupaten/Kota yang memenuhi kriteria capaian vaksinasi dosis pertama sebanyak 70 persen dan 60 persen untuk dosis kedua. Dalam hal ini sudah terdapat 244 Kabupaten/Kota yang memenuhi kriteria dan persyaratan.
  3. Sudah mendapatkan suntikan vaksin dosis kedua minimal selama 6 bulan.

Pemberian vaksin booster ini juga memprioritaskan kepada golongan lansia dan orang yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta.

Rencananya jenis vaksin yang diberikan berupa jenis yang juga sama dengan vaksin sebelumya atau homolog dan dapat juga dengan jenis yang berbeda atau heterolog sesuai rekomendasi dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI). 

"Jenis boosternya nanti akan kita tentukan ada yang homolog atau jenisnya sama, ada juga yang heterolog jenis vaksin yang berbeda. Ya mudah-mudahan nanti akan bisa segera diputuskan tanggal 10 sudah keluar rekomendasi dari ITAGI dan BPOM," ujarnya mengutip dari situs resmi Satgas Covid-19.

Itulah sejumlah kriteria dan persyaratan untuk dapat menerima vaksin booster. Apakah kamu termasuk? Jika iya segera berpartisipasi ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak