facebook

5 Program Trainee yang Bisa Kamu Coba Setelah Lulus Kuliah, Fresh Graduate Wajib Tahu!

hesti ya
5 Program Trainee yang Bisa Kamu Coba Setelah Lulus Kuliah, Fresh Graduate Wajib Tahu!
Ilustrasi program trainee sebuah perusahaan. (Unsplash/CampaignCreators)

Bagi kalian para fresh graduate dan masih bingung harus mengambil pekerjaan di bidang apa, program trainee yang diadakan oleh beberapa perusahaan mungkin bisa menjadi salah satu pilihan. Program-program trainee ini nantinya akan memberikan kesempatan kepada mereka para fresh graduate untuk mengembangkan potensi diri.

Program trainee ini kebanyakan mencari mereka yang belum memiliki pengalaman bekerja lebih dari dua tahun. Jadi, bagi kalian yang masih belum pernah memiliki pengalaman bekerja, jangan takut mencoba untuk apply program ini, ya.

Penasaran apa saja program trainee tersebut? Berikut lima program trainee yang bisa kamu ikuti.

1. Nestle Management Trainee (NMT)

Program trainee yang diadakan oleh Nestle diadakan selama 24 bulan, dengan tiga tahap yang harus kalian ikuti. Tahap 1 yaitu onboarding yang dilaksanakan selama 1 bulan dan dilakukan di rumah. Di mana pada tahap 1 akan dijelaskan mengenai pelatihan yang akan dilakukan, serta penjelasan mengenai prinsip, nilai, dan perilaku bisnis yang dimiliki Nestle. Pada tahap 2, Immersion, dilakukan selama 3 bulan, untuk melakukan eksposur lebih dalam mengenai end to end value chain Nestle. Tahap terakhir, dilakukan penugasan di area yang dipilih selama 20 bulan.

Terdapat 8 divisi yang dapat kalian pilih, di antaranya yaitu sales, marketing, HR, corporate affairs, finance, supply chain, technical, dan IT. Untuk kualifikasi apa saja yang dibutuhkan kalian bisa langsung mengunjungi website Nestle Management Trainee.

2. Sampoerna Graduate Trainee

Sampoerna memberikan kesempatan kepada mereka para lulusan sarjana maupun magister dari berbagai jurusan untuk ikut berkontribusi mengubah dan membangun Sampoerna. Kalian bisa berkontribusi dalam core business Sampoerna dalam bidang commercial, marketing, people & culture, ataupun operations function. Sampoerna Graduate Trainee akan dilakukan selama 2 tahun lamanya.

Beberapa persyaratan yang dibutuhkan jika kalian ingin melamar program trainee ini, yaitu:

  • Nilai IPK minimal 3.20 untuk lulusan sarjana dan 3.30 untuk lulusan magister.
  • Memiliki pengalaman bekerja maksimal 2 tahun.
  • Fasih dalam bahasa Inggris.
  • Memiliki pemikiran analitis yang baik, mampu belajar dengan cepat, dan proaktif.
  • Gigih, memiliki pemikiran yang terbuka, memiliki kemampuan problem solving.
  • Mampu bekerja bersama tim, memiliki keterampilan kepemimpinan dan berorganisasi.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

Kalian bisa mengunjungi website Sampoerna Career jika ingin melihat informasi lebih lanjut mengenai Sampoerna Graduate Trainee.

3. BCA Management Development Program (MDP) 

Bagi kalian yang ingin merasakan menjadi traineer di sebuah bank, mungkin Management Development Program BCA bisa menjadi pilihan. Untuk program ini, kalian hanya perlu mengikutinya selama 1 tahun. Kalian akan mendapatkan banyak pengetahuan seputar bank, mulai dari marketing, audit, development, ataupun bidang-bidang lainnya.

Untuk mendaftar sebagai traineer di MDP BCA kalian harus bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia, kalian juga harus berkomitmen untuk menjadi single dan tidak menikah selama masa trainee. Untuk IPK yang dibutuhkan, yaitu minimal 3.00 untuk S1 dan 3.25 untuk S2. Pelamar harus berusia dibawah 24 tahun untuk lulusan S1 dan maksimal 26 tahun untuk lulusan S2.

Untuk tahapan seleksi dan informasi lebih lanjut kalian bisa kunjungi website Karir BCA.

4. Coca Cola Graduate Trainee Program (GTP)

Coca Cola Amatil Indonesia menyediakan program trainee bagi mereka yang ingin dilatih oleh senior manager Coca Cola untuk mengembangkan keahlian teknis serta persiapan untuk memasuki dunia kerja. Coca Cola Graduate Trainee Program (GTP) diadakan selama 6 bulan lamanya.

Untuk persyaratan umum yang dibutuhkan dalam melamar Coca Cola Graduate Trainee Program (GTP) ini yaitu, memiliki IPK minimal 3.00 untuk lulusan S1 maupun S2. Kemudian, memiliki pengalaman bekerja maksimal 1 tahun, aktif berorganisasi maupun berkegiatan sosial, memiliki kepribadian yang baik, mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris, dan bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia.

Jika kalian tertarik untuk mengapply program Coca Cola ini kalian bisa langsung berkunjung ke LinkedIn Coca Cola ataupun website Coca Cola Amatil Indonesia.

5. Permata Bank Graduate Management Acceleration Program (GMAP)

Satu lagi program trainee fresh graduate yang diadakan oleh bank, yaitu Permata Bank Graduate Management Acceleration Program (GMAP). Program ini akan memberikan kalian kesempatan untuk mengembangkan diri dan mempercepat pertumbuhan karir. Nantinya kalian akan mendapatkan berbagai program pembelajaran, mengeksposur bisnis perbankan secara luas, dan berinteraksi langsung dengan top management dan senior leaders.

Kualifikasi minimal yang harus kalian miliki, yaitu:

  • Memiliki gelar sarjana dari universitas terkemuka dengan jurusan apapun namun, jurusan hukum, IT, dan ekonomi lebih dipertimbangkan.
  • Memiliki nilai IPK minimal 3.25.
  • Memiliki nilai TOEFL iBT dengan minimal 72, atau IELTS dengan nilai minimal 6.0.
  • Berusia maksimal 27 tahun dan/atau memiliki pengalaman kerja maksimal 2 tahun.
  • Memiliki keterampilan kepemimpinan, interpersonal, dan komunikasi yang baik.
  • Memiliki keterampilan analitis yang kuat dan memiliki kemampuan problem solving yang baik.
  • Memiliki keinginan untuk belajar dan senang menerima tantangan baru.

Itulah lima program trainee yang bisa kalian coba setelah lulus kuliah atau fresh graduate. Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk mengikuti salah satu program trainee tersebut?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak