facebook

Jatuh pada Hari Ini, 8 Maret Jadi Peringatan Hari Perempuan Internasional

Qomariah Dianti
Jatuh pada Hari Ini, 8 Maret Jadi Peringatan Hari Perempuan Internasional
Potret perempuan. (Unsplash/AntoninoVisalli)

Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap tanggal 8 Maret selalu diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day (IWD).

Hari Perempuan Internasional merupakan hari global yang digunakan untuk merayakan prestasi sosial, ekonomi, budaya, dan politik perempuan. Peringatan tersebut juga menandai ajakan bertindak untuk mempercepat kesetaraan perempuan.

Peringatan ini telah berlangsung selama lebih dari satu abad dan telah diperingati sejak awal tahun 1900-an. Saat ini, IWD milik semua kelompok secara kolektif di mana-mana. IWD tidak hanya berfokus pada negara, kelompok, atau organisasi tertentu saja.

Tahun 2022 ini, peringatan tersebut jatuh tepat pada Selasa (8/3/2022) hari ini. Dilansir dari website International Women's Day, #BreakTheBias terpilih menjadi tema kampanye IWD untuk tahun ini.

Disadari maupun tidak disadari, bias membuat perempuan sulit untuk maju. Untuk itu, sebuah tindakan perlu dilakukan untuk menyamakan kedudukan yang ada.

Pada hari ini, Google Doodle pun juga ikut memperingati Hari Perempuan Internasional. Hal ini dapat dilihat melalui halaman pencarian Google yang menampilkan tayangan slide animasi yang membawa kita untuk melihat gambaran sekilas tentang kehidupan sehari-hari para perempuan dalam berbagai budaya di seluruh dunia.

Mulai dari seorang ibu yang bekerja dari rumah sambil mengurus anaknya hingga montir sepeda motor yang mengajarkan keterampilannya kepada generasi berikutnya, setiap ilustrasi yang digambarkan dalam Doodle hari ini dihubungkan oleh benang merah tentang bagaimana perempuan tampil untuk diri sendiri, keluarga, dan komunitas mereka.

Google Doodle tersebut diilustrasikan oleh doodle art director, Thoka Maer. Lewat Doodle yang dibuatnya, ia menyampaikan harapan, "Saya sangat berharap bahwa wanita merasa dilihat dan dihargai untuk apa pun yang mereka telah lakukan dan sedang dilakukan saat ini."

"Bangun di pagi hari dan menjalani hari. Mencuci piring, mempertahankan pekerjaan atau melepaskannya, mengurus diri sendiri dan orang lain. Hal-hal yang sangat mendasar itu telah menjadi pekerjaan besar sejak awal pandemi," lanjutnya.

Itulah dia bahasan mengenai peringatan Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day (IWD) yang jatuh tepat pada hari ini. Terakhir, selamat Hari Perempuan Internasional untuk para perempuan hebat di seluruh dunia!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak