facebook

Guru Koreksi Hasil Ulangan Siswa SD, Jawabannya Berhubungan dengan Mistis

Haqia Ramadhani
Guru Koreksi Hasil Ulangan Siswa SD, Jawabannya Berhubungan dengan Mistis
Ilustrasi anak SD. (Unsplash.com/Bayu Syaits)

Ketika pekan ulangan telah usai semua lembar jawaban siswa akan dikoreksi oleh guru. Saat mengoreksi lembar jawaban terkadang guru menemukan jawaban-jawaban nyeleneh siswa-siswanya. 

Sama seperti yang dialami oleh guru SD satu ini. Ia dibikin terkejut dengan jawaban salah seorang siswanya yang berhubungan dengan mistis

Momen tersebut ia bagikan dalam sebuah video singkat di TikToknya doa_juppi yang diunggah ulang oleh akun Instagram kepoin_trending. Rekaman video memperlihatkan lembar jawaban ulangan siswa kelas 5 SD dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. 

Lembar jawaban tersebut terdiri dari pilihan ganda dan isian. Beberapa jawaban dibagian pilihan ganda siswa itu ada yang salah.

Jawaban yang ditulis oleh siswa ini pada bagian isian bikin gurunya terkejut. Pasalnya beberapa nomor jawabannya yang dituliskan oleh siswa tersebut berhubungan dengan mistis. 

Pertanyaan nomor 21, kenampakan alam yang menghubungkan Pulau Jawa dan Bali adalah..... Jawaban dari siswa itu yakni kuntilanak, pocong. Pada pertanyaan nomor 22 pun siswa ini memberikan jawaban yang berhubungan dengan mistis. 

Kenampakan alam yang berupa daerah perbatasan antara laut dengan daratan adalah hantu air dan gendruo. Pada pertanyaan nomor 23 siswa tersebut lagi-lagi menuliskan jawaban yang berhubungan dengan mistis. 

Kenampakan alam yang menghubungkan Pulau dan Sumatera adalah karena seram sekali kenampakannya. Gurunya sampai dibikin tepuk jidat mengoreksi 3 nomor jawaban isian sang siswa yang selalu berhubungan dengan mistis.

Jawabannya Berhubungan dengan Mistis

Jawaban ulangan siswa SD berhubungan dengan mistis. (Instagram/ kepoin_trending)
Jawaban ulangan siswa SD berhubungan dengan mistis. (Instagram/kepoin_trending)

Bahkan tidak ada nyambung-nyambungnya dengan pelajaran ilmu pengetahuan sosial yang diajarkan di sekolah. 

"Bocah server mistis," ucap guru pada akhir video seperti dikutip oleh Yoursay.id, Rabu (8/6/2022).

Hingga artikel ini disusun, video tersebut sudah mendapatkan 3.488 suka. Video itu menarik perhatian warganet yang menonton untuk menuliskan tanggapan di kolom komentar. 

Beberapa warganet mengomentari kosakata pertanyaan yang dipakai oleh guru 'kenampakan'. Warganet menduga apabila siswa yang menuliskan jawaban berhubungan dengan mistis disebabkan oleh salah paham mengartikan kata 'kenampakan' jadi 'penampakan'. 

"Kayaknya keliru di kata kenampakan mungkin dia baca penampakan," komentar salah satu warganet. 

"Pinter si, soalnya ngasih soal masa pakai bahasa 'kenampakan', ya pantas jawabannya begitu," ujar yang lain. 

"Tapi biasanya kalau pakai kosa kata begitu di pelajarannya diajarin dengan bahasa begitu juga. Kemungkinan kecil si kalau guru bikin soal asal bikin, apalagi dengan kosakata seperti itu," tanggapan lainnya. 

"Diawali dengan penampakan, itu masalahnya. Kenapa kok tidak disebut selat apakah yang menghubungkan," kata warganet yang lain. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak