facebook

Salut! Karyawan Tempat Rekreasi Kembalikan Uang Ratusan Juta ke Pemiliknya

Haqia Ramadhani
Salut! Karyawan Tempat Rekreasi Kembalikan Uang Ratusan Juta ke Pemiliknya
Ilustrasi uang ringgit Malaysia. (Pexels.com/Polina Tankilevitch)

Kejujuran merupakan sikap yang mahal. Tak semua orang bisa bersikap jujur apalagi jika berkaitan dengan uang. 

Bicara soal kejujuran, ada sebuah cerita menarik dari seorang karyawan tempat rekreasi yang mengembalikan uang ratusan juta ke pemiliknya. Melansir dari Mstar.com pada Rabu (29/6/2022), karyawan Pusat Rekreasi Pemandian Air Panas Legong di Baling, Kedah, Malaysia tanpa ragu-ragu melaporkan uang senilai RM 100 ribu ke atasannya. 

Uang RM 100 ribu setara dengan Rp 337 juta ditemukan karyawan tempat rekreasi itu berada di dalam tas kulit berwarna merah. Uang RM 100 ribu tersebut dibagi dalam beberapa gepokan yang diikat. 

Ketika mendapatkan laporan dari Staf Dewan Distrik Baling, pihak manajemen Pusat Rekreasi Pemandian Air Panas Legong mencari pengunjung yang memiliki tas tersebut. 

"Staf Dewan Distrik Baling yang bertugas saat itu terus melapor ke manajemen dan memanggil para pengunjung," ucap karyawan tempat rekreasi tersebut. 

Pengunjung sebagai pemilik uang itu saat dihubungi oleh pihak manajemen Pusat Rekreasi Pemandian sudah di perjalanan pulang. Mendengar kabar ini, pengunjung refleks kaget sebab lupa telah meninggalkan tasnya.

Uang Dikembalikan ke Pemilik

Uang senilai 100 ribu ringgat setara dengan Rp 337 juta dikembalikan ke pemilik. (Sumber foto: mstar.com.my)
Uang senilai 100 ribu ringgat setara dengan Rp 337 juta dikembalikan ke pemilik (Mstar.com.my)

Ia kelupaan tas berisi uang ratusan juta tersebut karena buru-buru untuk pulang. Sewaktu mengambil tas itu, pengunjung itu bersyukur apabila uang hasil berdagangnya bisa kembali. 

"Setibanya di pemandian air panas, pengunjung tersebut mengaku sangat bersyukur. Semua ini adalah uang hasil berdagang dan tidak sempat untuk disetor ke bank. Ia tak menyangka masih ada orang yang jujur," kata karyawan menirukan ucapan dari pengunjung yang memiliki uang tersebut. 

Karyawan tempat rekreasi yang jujur ini mengungkapkan bahwa dia sudah sering menemukan berbagai barang pengunjung yang ketinggalan. Namun, dia selalu mengembalikan ke pemiliknya. 

Dia tidak berniat sedikitpun untuk mengambil apabila melakukan hal itu akan merusak kepercayaan orang kepadanya. 

"Tapi kalau kita mengambil sedikit saja, hilang segunung kepercayaan orang ke kita," ucapnya. 

Warganet dibikin salut dengan kejujuran karyawan tempat rekreasi itu.

"RM 100.000, diam sejenak. Alhamdulillah dipertemukan dengan yang jujur. Sebagian orang kalau bertemu uang RM 100.000 bisa lupa dunia," komentar salah satu warganet. 

"Alhamdulillah bukan uang kita, patut dikembalikan ke pemiliknya. Kalau kita ambil yang bukan hak milik kita, kerja tidak akan berkah," sahut yang lain. 

"Alhamdulillah. Zaman sekarang susah bertemu orang yang punya hati seikhlas dan sejujur itu. Semoga dimurahkan rejeki buatnya. Amin," doa warganet lainnya.  

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak