5 Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia, Amerika Serikat Kokoh di Puncak

Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz
5 Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia, Amerika Serikat Kokoh di Puncak
ilustrasi pengeboran minyak bumi.[freepik.com]

Minyak bumi merupakan salah satu hasil sumber daya alam yang memiliki beragam manfaat bagi kelangsungan hidup manusia. Berbagai hasil olahan minyak bumi yang sering kita gunakan, yakni bahan bakar kendaraan, gas minyak cair (LPG), minyak tanah, parafin, avtur, hingga keperluan medis dan pembuatan produk-produk farmasi.

Tingginya cadangan minyak bumi di suatu negara akan ikut meningkatkan jumlah pendapatan di negara tersebut, karena minyak bumi menjadi salah satu komoditi yang memiliki nilai jual tinggi.

Nah di artikel kali ini kita akan membahas tentang lima negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia, berikut pembahasannya.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat memiliki cadangan minyak bumi yang begitu besar. Berdasarkan data yang dihimpun dari BP Statistical Review Tahun 2022, Amerika Serikat mampu menghasilkan 16.58 juta barel minyak bumi per hari dan mampu berkontribusi terhadap 18,5% produksi minyak bumi dunia.

BACA JUGA: Berapa sih Mas Kawin dari Anak Presiden? Intip Jumlah Mas Kawin Kaesang Pengarep yang Dispill Pihak KUA

Maka wajar rasanya jika Amerika menduduki posisi puncak sebagai negara pengasil minyak bumi terbesar di dunia. Selain memproduksi minyak bumi dalam jumlah yang besar, Amerika juga menjadi negara dengan konsumsi olahan minyak bumi tertinggi di dunia.

Mengutip dari Worldpopulationreview.com, konsumsi olahan minyak bumi Amerika Serikat mencapai 17,1 juta barel per hari di tahun 2020 silam.

2. Arab Saudi

Negara yang terletak di Timur Tengah ini menduduki posisi kedua sebagai penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Arab Saudi mampu memproduksi minyak bumi sebanyak 10,95 juta barel per hari atau berkontribusi terhadap 12,2% produksi minyak bumi dunia tahun 2021.

Berdasarkan data dari Organization of The Petroleum Exporting Country, saat ini produksi minyak bumi Arab Saudi terus mengalami peningkatan dari bulan ke bulan hingga pada Juni 2022 di tengah lonjakan harga minyak mentah karena dampak perang Rusia-Ukraina.

BACA JUGA: Blak-blakan Soal Nafkah, Mawar AFI Sindir Menohok Steno Ricardo: Kami Ngontrak Aja Patungan

Selain terjadinya peningkatan produksi, nilai ekspor minyak bumi di negara ini juga ikut mengalami peningkatan, tentu hal ini sangat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Arab Saudi.

3. Rusia

Rusia menempati posisi ketiga sebagai penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Jumlah produksi minyak bumi Rusia mencapai 10,94 juta barel per hari atau berkontribusi terhadap 12,2% produksi minyak bumi dunia pada tahun 2021.

Angka ini juga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 10,67 juta barel per hari. Tingginya produksi minyak bumi Rusia ini ternyata juga berpengaruh langsung pada sektor energi Uni Eropa, karena Rusia menjadi sumber energi utama bagi Uni Eropa. Terbukti, dari total impor minyak bumi Uni Eropa, 24,7% nya berasal dari Rusia.

4. Kanada

Negara tetangga Amerika Serikat ini menduduki posisi keempat sebagai penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Total produksi minyak bumi Kanada mencapai 5,43 juta barel per hari dan berkontribusi terhadap 6% produksi minyak bumi dunia.

BACA JUGA: Ungkap Hubungannya dengan Ardie Bakrie di Masa Lalu, Manohara Posting Foto Anak Perempuan, Anaknya?

Melansir dari laman Voi.id, 97% cadangan minyak bumi di Kanada berbentuk pasir minyak dan Alberta menjadi wilayah yang memiliki cadangan minyak bumi terbesar di negara tersebut.

5. Irak

Kembali ke Timur Tengah, kali ini Irak yang menduduki posisi kelima sebagai negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia dengan jumlah produksi sebanyak 4,10 juta barel per hari serta berkontribusi terhadap 4,6% produksi minyak bumi dunia.

Perekonomian negara ini sangat bergantung pada ekspor minyak mentah, dengan menyumbangkan lebih dari 90% bagi pendapatan negara tersebut, seperti yang dikutip pada laman Antaranews.com

Itulah tadi lima negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia, semoga bermanfaat!

Video yang mungkin kamu lewatkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak