alexametrics

Kenalkan Potensi Desa, Mahasiswa KKN UM Membuat Video Profil Desa Sengguruh

Sri
Kenalkan Potensi Desa, Mahasiswa KKN UM Membuat Video Profil Desa Sengguruh
Kepala Desa, Jamburi, saat diwawancarai mengenai kondisi Desa Sengguruh

Pandemi Covid-19 yang masih saja belum surut tidak menghambat Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) untuk melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Sengguruh. Kegiatan ini dilaksanakan dengan memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, berdasarkan panduan KKN Edisi Covid- 19 UM.

Desa Sengguruh merupakan desa yang terletak di kecamatan kepanjen, kabupaten Malang. Jumlah penduduk yang tinggal d Desa Sengguruh 4015 jiwa yang terdiri 1085 Kartu keluarga.

Banyak potensi yang tersebar di berbagai tempat di Desa Sengguruh. Hal itu yang menyebabkan desa ini memiliki Sumber Daya Alam yang melimpah serta masyarakat yang kreatif dan inovatif dengan berbagai macam mata pencahariannya.

Sebagian besar mata pencaharian Warga Desa Sengguruh adalah petani, peternak, pedagang, dan penyedia jasa. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) inilah yang merupakan kebanggaan dari Desa Sengguruh, diantaranya seperti Kerajinan Kulit Pyton, Kripik Tempe “Valco Jaya”, Batik Kaputren, Batik seng, Kerajianan wayang kulit, dan kerajinan topeng.

UMKM Batik Seng di Desa Sengguruh
UMKM Batik Seng di Desa Sengguruh

Salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN adalah pembuatan video profil Desa Sengguruh. Tujuan dari pembuatan video profil desa ini untuk memperkenalkan kekayaan sumber daya alam yang dimiliki desa tersebut, baik dari Sumber Daya Alam maupun Sumber Daya Manusia yang ada di Desa Sengguruh.

Pembuatan video profil ini memerlukan waktu 1 minggu untuk pengambilan gambar dan video yang meliputi lokasi desa, jumlah penduduk tinggal pada Desa Sengguruh, mata pencaharian atau profesi masyarakat desa,  potensi-potensi desa yang dimiliki Desa Sengguruh. Video ini akan diunggah pada Channel Youtube “Sengguruh Hebat” agar dapat ditonton masyarakat luas.

Kegiatan pembuatan video profil Desa Sengguruh dilaksanakan oleh penanggung jawab program kerja video profil desa, yaitu Dinda Larasati dan Bayu Kuncoro, serta bantuan dari anggota Tim KKN UM yang bertugas di Desa Sengguruh lainnya dan seluruh warga Desa Sengguruh.

“Melalui video profil desa ini, kami berharap masyarakat luas dapat mengetahui potensi-potensi yang dimiliki Desa Sengguruh dan mau untuk mengunjunginya serta berbelanja di UMKM yang ada di Desa Sengguruh sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Senggguruh” tutur Dinda Larasati, selaku penanggung jawab video profil Desa Sengguruh.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak