alexametrics

Kenalan dengan Ikan Mas Naniura, Makanan Mentah Khas Suku Batak

Bulan Lestari Y
Kenalan dengan Ikan Mas Naniura, Makanan Mentah Khas Suku Batak
Ikan Mas Naniura, makanan khas suku batak (dok. istimewa)

Kira-kira, pernah gak kalian terpikir salah satu makanan khas Indonesia ketika ada seseorang yang menyebutkan kata makanan mentah'? Mungkin kalian tak pernah memikirkannya karena makanan mentah sangat jarang dinikmati di Indonesia. Namun, siapa sangka, terdapat satu makanan mentah yang telah menjadi makanan khas salah satu suku yang ada di Indonesia, lho!

Ikan Mas Naniura, makanan mentah khas suku Batak di dataran Sumatera Utara. Beberapa diantara kita mungkin masih terasa asing dengan jenis makanan ini karena makanan ini memang tidak sepopuler olahan ikan khas suku Batak lainnya, seperti Ikan Mas Arsik, misalnya.

Ikan Mas Naniura merupakan salah satu makanan yang telah dikonsumsi sejak zaman para raja Batak dahulu, konon katanya, hanya anggota keluarga kerajaan Batak saja lah yang dapat menikmati sajian nikmat ini. Sekarang, meskipun Ikan Mas Naniura sudah dapat dikonsumsi bebas oleh seluruh masyarakat, namun, Ikan Mas Naniura masih dapat dikategorikan sebagai makanan olahan batak yang special edition.

Lho, kok bisa special edition, kan katanya sudah bisa dikonsumsi khalayak umum?!?

Eits, jangan protes dulu… meski saat ini Ikan Mas Naniura dapat dikonsumi khalayak umum, namun Ikan Mas Naniura masih sangat jarang ditemukan di rumah makan khas Batak pada umumnya. Karena teknik pengolahannya yang tergolong rumit, bahkan untuk mendapatkan satu hidangan Ikan Mas Naniura, kita harus menunggu hingga 5 jam. Oleh sebab itu, Ikan Mas Naniura hanya disajikan pada saat-saat tertentu saja dan saat-saat itu biasanya berhubungan dengan hari-hari penting bagi suku Batak atau acara khusus lainnya

Kalau Ikan Mas Naniura benar-benar tidak dimasak, lalu apakah Ikan Mas Naniura memiliki bau amis seperti ikan mentah pada umumnya?

Jawabannya, tentu saja tidak. Meskipun Ikan Mas Naniura tidak dimasak menggunakan api, olahan nikmat khas Batak ini tak memiliki aroma amis sedikitpun, bahkan ketika kita dihadapkan dengan sepiring Ikan Mas Naniura, indra penciuman kita akan dibuat mabuk dengan aroma campuran dari berbagai rempah-rempah yang menghiasi Ikan Mas Naniura.

Selain memiliki aroma rempah-rempah kuat yang selalu berhasil menggelitik perut, Ikan Mas Naniura juga memiliki tekstur yang lembut, sehingga olahan nikmat ini selalu menjadi idola para orang tua yang mulai kehilangan kemampuan mengunyahnya.

Disamping aroma serta cita rasanya yang begitu luar biasa, Ikan Mas Naniura juga memiliki kaya akan manfaat bagi tubuh kita. Rempah-rempahnya yang begitu luar biasa serta kandungan protein pada Ikan Mas Naniura merupakan keuntungan lain yang kita dapat ketika kita menikmati makanan nikmat ini.

Sebagai salah seorang suku Batak penikmat Ikan Mas Naniura, rasanya begitu mengkhawatirkan ketika aku mengetahui bahwa banyak masyarakat yang tidak mengenal makanan khas suku Batak ini, tak hanya masyarakat non-Batak, bahkan, tak jarang masyarakat Batak yang tinggal di luar Sumatera Utara tak mengenal makanan luar biasa ini.

Aku sangat berharap, lewat artikel ini, kita semakin mengenal Ikan Mas Naniura sebagai salah satu makanan mentah dari Indonesia, khususnya dari suku Batak. Jangan mau kalah dengan makanan-makanan mentah lainnya yang telah terlebih dahulu mengglobal daripada Ikan Mas Naniura.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak