alexametrics

Tak Cuma It's Okay To Not Be Okay, 6 Drama Korea Ini Juga Angkat Isu Kesehatan Mental

Lintang
Tak Cuma It's Okay To Not Be Okay, 6 Drama Korea Ini Juga Angkat Isu Kesehatan Mental
Drama It’s Okay to Not Be Okay [Soompi]

Drama Korea (Drakor) tak hanya menceritakan tentang kisah romantis saja. Namun, ada beberapa tema dan genre yang mengangkat hal serius, seperti kesehatan mental yang belum banyak diketahui oleh masyarakat.

Pengetahuan publik mengenai kesehatan mental masih minih. Oleh karena itu, ini dia 6 rekomendasi Drama Korea yang mengangkat isu kesehatan mental. Bikin kita tahu macamnya!

1. It’s Okay To Not Be Okay (2020)

Siapa yang tidak tahu drama booming ini? Drama Korea yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Seo Ye Ji ini mengangkat tema tentang Kesehatan mental.

Go Moon Young (Seo Ye Ji) Didiagnosis menderita gangguan kepribadian antisosial saat dewasa akibat trauma masa kecilnya, yang kemudian mempengaruhi kepribadiannya yang sering menunjukkan sikap kasar, arogan, dan mudah terobsesi pada suatu hal.

Kemudian ia bertemu dengan perawat rumah sakit Moon Sang Tae (Kim Soo Hyun) dan terobsesi padanya. Selain Go Moon Young, ada pula Moon Sang Tae (Oh Jung Se) yang mengidap autisme.

2. Kill Me, Heal Me (2015) 

Dalam Drama Korea ini, Ji Sung berperan sebagai Cha Do Hyun, seorang pebisnis sukses yang memiliki kehidupan sempurna. Namun, di balik kesempurnaan itu, ia memiliki gangguan Kesehatan mental yaitu gangguan identitas disosiatif atau berkepribadian ganda, serta memiliki enam kepribadian yang berbeda akibat trauma yang dimilikinya semasa kecil.

Karena gangguan mental yang dialaminya, Cha Do Hyun meminta tolong Oh Ri Jin (Hwang Jung Eum) untuk membantunya menyembuhkan penyakitnya tersebut.

3. My Mister (2018)

My Mister adalah drama Korea yang mengangkat tentang mental illness, depresi. Lee Ji-An (IU) yang harus terpaksa berhutang demo memenuhi kebutuhan hidupnya bersama sang nenek. Sedangkan Park Dong Hoon (Lee Sung Kyun) yang depresi karena mengetahui istrinya selingkuh dengan bosnya.

Dong Hoon dan Ji An akhirnya Bersama saling menolong satu sama lain dan membagi pengalaman pahit mereka.

4. Cheese In The Trap (2016)

Drama romantis ini menceritakan tentang kisah asmara tentang Hong Seol (Kim Go Eun) dan Yoo Jung (Park Hae In), yang memiliki latar belakang keluarga yang jauh berbeda. Hong Seol adalah mahasiswi yang kurang beruntung dalam perekonomian, sehingga ia harus melakukan pekerjaan paruh waktu untuk membiayai kehidupan dan biaya kuliahnya.

Sedangkan Yoo Jung merupakan senior Hong Seol yang pandai, memiliki kepribadian yang baik, dan berasal dari keluarga kaya raya. Namun, tidak banyak yang tahu sisi gelap dan misterius Yoo Jung, yaitu Yoo Jung memiliki kepribadian ganda.

5. Clean With Passion For Now (2019)

Memiliki ketakutan terlebih pada debu, kotoran, dan kuman, Jang Seon Gyeol (Yoon Kyun Sang) mengidap penyakit mysophobia. Karena hal itu, akhirnya ia membuka bisnis jasa kebersihan yang kemudian jatuh cinta kepada karyawannya Gil Oh Sol (Kim Yoo Jung).

6. Hyde Jekyll, Me (2015)

Drama Korea yang dibintangi oleh dua aktor top Korea Selatan, Hyun Bin dan Han Ji Min. Drakor ini berkisah tentang Gu Seo Jin yang memiliki penampilan menarik, berasal dari keluarga konglomerat, serta cerdas. Namun, dibalik kehidupan yang sempurna itu, ia mengidap penyakit dissociative identity disorder atau yang lebih dikenal sebagai kepribadian ganda.

Kepribadian Seo Jin dan Robin (sosok kepribadian lain Seo Jin) sangat berbanding terbalik. Selain itu, Seo Jin bertemu dengan Jang Ha Na, yang kemudian mengetahui sisi kepribadian Seo Jin yang lain.

7. Good Doctor (2014)

Drama Korea satu ini wajib masuk ke dalam daftar tontonan untuk menemani weekend-mu. Sebab drakor ini merupakan drama terbaik pada 2014. Good Doctor berhasil mengalahkan sejumlah drama berkat jalan cerita yang menarik dan akting para aktor yang memukau. Good Doctor dibintangi oleh Joo Won, Moon Chae Won, dan Joo Sang Wook.

Good Doctor menceritakan kisah seorang dokter spesialis bedah anak, Park Shi On (Joo Woon) yang menderita savant syndrome atau cacat perkembangan. Sindrom ini membuat usia mental Shi On seperti anak berumur 10 tahun. Shi On kemudia bertemu dengan dokter Yoon Seo (Moon Chae  Won) yang membuat hidup Shi On berubah dan menumbuhkan benih-benih asmara diantara keduanya. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak