alexametrics

5 Taman Nasional di Jerman yang Wajib Dikunjungi, Ada Bekas Tempat Perang Dunia II

Zidan
5 Taman Nasional di Jerman yang Wajib Dikunjungi, Ada Bekas Tempat Perang Dunia II
Taman Nasional Eifel. (pixabay/TeeFarm)

Negara yang luas terkadang menyimpan berbagai keunikan dan keindahan alam, termasuk Jerman. Negara ini memiliki banyak taman nasional yang wajib buat dikunjungi oleh kamu yang hobi traveling.

Meskipun awalnya terdengar tak menarik, tetapi keindahan alam Taman Nasional di Jerman yang masih asri dan terjaga membuat kamu harus berpikir ulang untuk mengunjungi tempat-tempat ini.

Berikut deretan taman nasional di Jerman yang wajib dikunjungi agar tidak menyesal.

1. Taman Nasional Harz

Taman Nasional Harz yang liar dan indah adalah tempat menyenangkan bagi pecinta alam. Khususnya bagi mereka apabila mau menjelajahi bagian dunia yang belum terjamah dan tak tersentuh.

Tak jauh berbeda dengan Zona Demiliterisasi antara Korea Utara dan Selatan, taman ini sebelumnya merupakan bagian dari perbatasan antara Jerman Timur dan Barat, yang membantu melestarikan ekosistem maupun membiarkannya berkembang.

Dikelilingi oleh hutan, taman ini juga merupakan bagian dari Pegunungan Harz yang merupakan rumah bagi lynx dan rusa merah liar. Anjing rakun juga kadang-kadang terlihat di hotspot keanekaragaman hayati ini.

2. Taman Nasional Eifel

Terletak di perbatasan barat dengan Belgia, taman nasional ini pernah mengalami deforestasi yang parah karena produksi arang merajalela. Sekarang, berbagai upaya sedang dilakukan untuk mengisi kembali taman dengan spesies pohon asli, dalam upaya untuk mengembalikannya ke ekosistem aslinya.

Sisa-sisa lain dari masa lalu juga tetap ada, seperti ranjau yang ditanam selama perang dunia Kedua, bagian taman yang tetap berbahaya terlarang bagi pengunjung. 

Ada jalur dengan panjang 240 kilometer yang bisa dijelajahi oleh pejalan kaki dan pengendara sepeda. Taman besar yang satu ini menawarkan kepada pengunjung kesempatan untuk benar-benar membenamkan diri di alam. Di sekitar hutan dan perbukitan, diselingi sungai dan danau yang menyenangkan, sehingga menambah nuansa pemandangan Taman Nasional Eifel.

3. Taman Nasional Hutan Bavaria

Tempat ini merupakan pusat keanekaragaman hayati yang terdiri dari hutan tak berujung, danau yang dalam, dan pegunungan yang tinggi. Hutan Bavaria adalah taman nasional pertama yang didirikan di Jerman. Satwa liar yang ada di sana membuat kunjungan menjadi menyenangkan. Apalagi ada banyak jalur yang bisa dinikmati pengunjung.

Berkeliling melalui hutan kuno terasa seperti memasuki negeri dongeng. Sebab sebagian besar taman tertutup hutan. Kadang-kadang cahaya muncul dari antara lebatnya pepohonan hutan yang tenang dan sunyi, memberikan rasa ketenangan.

4. Taman Nasional Swiss Saxon

Terletak di ujung timur negara dan berbatasan dengan Republik Ceko , taman yang menakjubkan ini sangat wajib untuk kamu kunjungi. Bentang alamnya yang berbatu, ekosistem yang beragam, dan ngarai yang terjal sangat mengagumkan untuk dijelajahi.

Buat kamu yang mengunjungi Taman Nasional Saxon Swiss, mungkin akan menyukai semua pemandangan menakjubkan yang ada di taman nasional ini. Untuk pemandangan taman yang indah, pengunjung harus menuju ke Carolafelsen, di mana mereka akan disambut dengan pemandangan jurang dan hutan indah di bawahnya.

Sejumlah pemandangan spektakuler di taman dengan lebih dari 100 kilometer jalan setapak untuk dilalui, membuat tempat ini kian menarik. Pendaki juga mengagumi Saxon Swiss karena formasi geologis dan singkapan berbatu yang membuat pendakian semakin dramatis dan bervariasi.

5. Taman Nasional Kellerwald-Edersee

Taman Nasional Kellerwald-Edersee kaya akan sejarah. Hal ini tampak dari hutan beech kuno dan perbukitan hijau yang indah sejak ribuan tahun yang lalu. Di tempat ini pula terdapat Danau Edersee yang memiliki air sangat jernih dan berwarna biru.

Formasi batuan yang berasal dari zaman es terakhir perlahan-lahan bergabung dan bertransisi menjadi padang rumput yang rimbun, sebelum semak dan pohon muda berubah menjadi hutan besar.

Itulah beberapa Taman Nasional di Jerman yang keindahannya tak kalah indah dari beberapa tempat lainnya. Tertarik berkunjung?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak