alexametrics

Pulau Tabuhan: Eksotisme Pulau Kecil Tak Berpenghuni

hestika yustisia
Pulau Tabuhan: Eksotisme Pulau Kecil Tak Berpenghuni
Pulau Tabuhan (DocPribadi/Hestika Yustisia)

Mungkin nama Pulau Tabuhan terdengar tidak asing bagi kalian yang tinggal di daerah Jawa Timur. Pulau kecil di timur Pulau Jawa tak berpenghuni, yang mampu memanjakan mata. Pulau yang masih memiliki air laut sangat jernih, pasir pantai yang berwarna putih, dan gradasi warna biru yang begitu cantik.

Lokasi

Pulau Tabuhan merupakan bagian dari Kabupaten Banyuwangi, tepatnya berlokasi di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. Pulau Tabuhan dapat ditempuh dari Pantai Grand Watu Dodol selama 45 menit dan dari Pantai Basring dapat ditempuh hanya 20-30 menit.

Apabila kalian datang dari Surabaya, kalian dapat menempuhnya dengan jalur darat selama 5 jam 50 menit melalui Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Situbondo. Sedangkan apabila kalian turun dari Stasiun Ketapang, kalian hanya menempuhnya selama 24 menit.

Biaya untuk ke Pulau Tabuhan

Untuk menuju ke Pulau Tabuhan, kalian dapat menyewa perahu untuk pulang pergi dengan biaya kurang lebih Rp 500.000/perahu. Kalian dapat melakukan penawaran dengan penyewa perahu untuk menentukan harga.

Lebih baik kalian datang bersama rombongan sehingga sewa akan lebih murah karena dapat ditanggung banyak orang sekaligus. Satu perahu bisa diisi sampai 10 orang. Selama menyebrang, kalian juga akan diminta untuk menggunakan life jacket yang telah disediakan oleh penyewa.

Aktivitas yang dapat Dilakukan

Setibanya di sana, kalian dapat melakukan banyak aktivitas, seperti menikmati pantai dengan duduk di tepiannya, bermain air, berfoto, mendirikan tenda untuk camping, memancing, snorkeling, diving, ataupun berjalan-jalan mengelilingi pulau.

Untuk kegiatan camping, memancing, snorkeling, diving kalian perlu membawa perlengkapannya sendiri dari rumah. Atau untuk snorkeling dan diving, kalian dapat menyewanya di lokasi kalian menyewa perahu. Dengan snorkeling ataupun diving kalian dapat menikmati terumbu karang dan ikan yang hidup disana.

Dengan luas pulau sebesar kurang lebih 5 hektar, kalian dapat menikmati keindahan pulau dengan mengelilinginya. Kalian dapat menikmati sunset dan sunrise di pulau ini, yang tentunya sangat indah.

Setelah selesai dari Pulau Tamblingan, kalian dapat mampir ke penangkaran hiu. Namun, sebelumnya, kalian perlu berkoordinasi dengan penyewa perahu.

Tips

Bagi kalian yang ingin menyebrangi Pulau Tabuhan, lebih baik di pagi atau sore hari, untuk menghindari terik matahari yang begitu panas di sana.

Kalian juga perlu membawa makanan dan minuman sendiri karena hanya ada sedikit warung di sini dan jam bukanya pun tidak menentu. Jangan lupa untuk membawa sampah kalian pulang ya, karena di pulau ini masih belum tersedia fasilitas tempat sampah.

Rencananya sebagian dari pulau ini akan dibangun sebuah resort. Jadi, buruan datang ke pulau ini sebelum di bangun resort yang memungkinkan kita tidak dapat menikmati sebagian dari pulau ini.

Tertarik mengunjungi destinasi wisata di Banyuwangi ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak